by

Anies Baswedan Keliling Eropa Tindak Lanjuti Kerja Sama Transportasi dan Sister City

DEPOKRAYANEWSW.COM- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Selasa 10 Mei 2022 terbang ke Eropa untuk menghadiri agenda-agenda di sejumlah negara Benua Biru tersebut.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Anies akan pergi ke Inggris, Jerman, dan Prancis dalam rangka menindaklanjuti kerja sama di bidang transportasi.

“Memang ada agenda ke Eropa, ke beberapa negara, di antaranya London [Inggris], Jerman, Paris [Prancis] dalam rangka pertama menindaklanjuti kerja sama transportasi, termasuk pembiayaan MRT, tapi juga transportasi lainnya,” kata Riza di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Senin 9 Mei 2022 malam.

Selain itu, kata Riza, kepergian Anies juga untuk memenuhi undangan dari komunitas di negara-negara Eropa terkait mobilitas menggunakan transportasi.

Anies juga bakal bertukar gagasan dan implementasi penerapan smart city dengan sister city. Riza menerangkan Anies melakukan lawatan ke Eropa itu direncanakan selama delapan hari.

“Iya, itu ada undangan. Jadi memang kepergian beliau Pak Anies dan jajaran ada undangan,” ujar Riza.

Seperti diketahui, Pemprov DKI sudah menjalin kerja sama sister city dengan 21 kota di dunia. Kerja sama terjalin sejak 1978 yang diawali dengan Kota Jeddah, Arab Saudi.

Kerja sama berupa sister city merupakan salah satu bentuk pergaulan internasional yang memiliki banyak manfaat. Bentuk kerja sama sister city yang telah terjalin selama ini di antaranya penataan perkotaan, pertukaran kebudayaan, hingga pengelolaan limbah.

Adapun 21 sister city yang bekerja sama dengan Jakarta di antaranya; Jeddah, Seoul, Islamabad, Rotterdam, Tokyo, Los Angles, Casblanca, Beijing, Arkansas, Berlin, New South Wales, Paris, Bangkok, Hanoi, Istanbul, Maputo, Kyiv, Moskow, Al Quds As Ashareef atau Jerussalem, Pyongyang, hingga Budapest. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *