by

Anies Baswedan Kembalikan Nama Kota Tua Jadi Batavia

DEPOKRAYANEWS.COM- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka kembali kawasan wisata Kota Tua untuk umum, Sabtu 10 September 2022. Lagi-lagi Anies melakukan perubahan nama kawasan itu dari Kota Tua menjadi Batavi.

“Jadi ini adalah pembukaan kembali Kota Tua Jakarta. Kawasan Kota Tua ini kita namai kawasan Batavia sebagaimana nama aslinya dulu,” kata Anies di Plaza Beos, Kawasan Kota Tua, Jakarta, Sabtu 10 September 2022.

“Namanya mencerminkan masa lalu, tapi konsepnya mencerminkan kota modern masa depan. Itu yang sedang dibangun,” kata dia.

Menurut Anies, Pemprov DKI telah melakukan revitalisasi untuk Kota Tua. Revitalisasi tersebut membuat Kota Tua semakin terhubung dengan transportasi umum di Jakarta seperti, bus Transjakarta dan kereta api commuter line.

Rencananya, ke depan juga bakal terintegrasi dengan transportasi umum seperti microtrans dan MRT. Pada hari ini, pembangunan MRT tersebut resmi dinyatakan akan dilaksanakan.

Anies datang pada acara peletakan batu pertama atau groundbreaking CP202 MRT Jakarta yang akan terhubung ke Kota Tua. Peletakan batu pertama itu dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Duta Besar Jepang Kanasugi Kenji.

“Kita berharap nantinya warga datang ke sini bisa menikmati perjalanan kota ini lintas waktu. Hampir 400 tahun keberadaan tempat ini, bangunan bangunannya berusia cukup panjang. Jadi perjalanan ke sini adalah sebuah perjalanan merasakan masa lalu tetapi konsepnya konsep yang modern,” kata dia. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *