by

Anies Baswedan: Kondisi Jakarta Mengkhawatirkan

Anies Baswedan

Depokrayanews.com- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terang-terangan menyatakan kondisi Jakarta di masa pandemi virus corona (Covid-19) mengkhawatirkan.

“Hari ini gugus tugas mengadakan rapat khusus mengevaluasi perkembangan terakhir kasus Covid di Jakarta karena situasinya mengkhawatirkan,” kata Anies di Jakarta, Rabu 9 September 2020.

Anies mengungkapkan pekan ini, angka kematian di Jakarta cukup tinggi. Angka ini jauh berbeda dari angka kematian dari sejak awal pandemi berlangsung.

“Dalam satu minggu terakhir ini angka positivity rate di Jakarta itu 13,2 persen. Satu minggu terakhir. Secara kumulatif sejak awal sampai sekarang positif rate kita sekitar 6,9 persen. 13,2 persen di Jakarta dan di Indonesia 18,4 persen,” kata Anies.

Kondisi ini, kata dia, sangat mengkhawatirkan karena pemerintah harus mengimbangi fasilitas kesehatan yang dimiliki. Jumlah kasus yang tidak terkendali akan berdampak pada penanganan dan fasilitas kesehatan milik pemerintah.

“Kenapa mengkhawatirkan? Karena kapasitas rumah sakit ada batasnya. Bila jumlah yang membutuhkan perawatan makin hari makin banyak, di atas kemampuan kapasitas Rumah Sakit dan jumlah tenaga medis, maka kita akan menghadapi masalah besar,” kata dia.

Anies lagi-lagi mengingatkan masyarakat untuk kembali mengenakan masker dan berlaku disiplin protokol kesehatan.

“Saya berharap masyarakat makin disiplin menggunakan masker. Karena itulah kuncinya,” kata Anies. (mad)

Dikutip dari situs corona.jakarta.go.id jumlah kasus positif per Selasa 8 September 2020 di Jakarta sebanyak 48.811 kasus dan yang meninggal sebanyak 1.330 orang. Adapun kasus sembuh di Jakarta ialah sebanyak 36.451 atau sekitar 74,7 persen. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *