by

Anies dan Gibran Lakukan Pertemuan Tertutup di Solo, Ternyata Ini yang Dibahas

DEPOKRAYANEWS.COM- Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka melakukan pertemuan tertutup dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Andrawina Restaurant, Hotel Novotel, Solo, Selasa 15 November 2022.

Gibran tiba di Novotel sekitar pukul 07.40 WIB. Ia langsung disambut Anies di Lobby Hotel. Mereka berdua kemudian berjalan menuju Andrawina Restaurant. Pertemuan dilakukan tertutup sekitar 40 menit.

“Saya senang sekali tadi pagi bisa menyambut beliau dan sarapan sambil ngobrol. Luar biasa. Banyak hal yang kita obrolin,” kata Anies usai pertemuan.

Bakal calon Presiden dari Partai NasDem itu mengaku banyak hal yang dibicarakan saat pertemuan tersebut. Menurut Anies, perbincangan di Hotel Novotel sebatas berbagi pengalaman sebagai kepala daerah.

“Karena sama-sama pernah bertugas mengelola sebuah kota,” kata Anies.

“Jakarta itu meskipun namanya gubernur, sesungguhnya itu sebuah kota. Cuman kotanya besar. Sama dengan Solo juga begitu,” lanjutnya.

Ia membeberkan salah satu materi pembicaraan terkait pengembangan kendaraan umum. Anies mengatakan kendaraan umum merupakan fasilitas yang harus dikembangkan kota yang ingin maju.

“Tadi kita ngobrol tentang kendaraan umum ya. Jadi pengalaman di Jakarta tentang pengembangan kendaraan umum yang mudah-mudahan bermanfaat,” katanya.

Materi diskusi sambil sarapan itu diamini Gibran.

Selain masalah kendaraan umum, Gibran juga banyak berbagi pengalaman dengan Anies terkait pengelolaan kota pada umumnya. Menurutnya, Jakarta merupakan contoh terbaik untuk pengelolaan kendaraan umum.

“Kita banyak bicara masalah kendaraan umum dan problem-problem di kota. Kalau ngomong masalah transportasi, yang bisa dijadikan percontohan tentu saja Jakarta ya,” kata Gibran.

Apalagi, Gibran menilai Kota Solo memiliki banyak kesamaan dengan Jakarta. Besarnya pergerakan ekonomi di Solo dan Jakarta menyebabkan banyak warga luar kota yang bekerja di sana.

“Di Solo kan banyak sekali warga yang commute ke solo. Ada yang dari Jogja ke Solo. Nanti ke depan harus kita perbanyak, harus kita masifkan transportasi umum ini,” kata putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu.

Usai pertemuan, Gibran dan Anies kemudian mengganti celana panjang yang dikenakan dengan sarung batik. Gibran bahkan melepas sepatunya dan mengenakan sandal jepit warna hijau.

Mereka berdua kemudian memasuki satu mobil untuk berangkat menuju lokasi Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi yang digelar di Pasar Kliwon. (mad/cnnindonesia)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *