by

Antisipasi Wabah PMK, DKP3 Kota Depok Gencar Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Ternak

DEPOKRAYANEWS.COM- Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok gencar melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak yang tersebar di 11 Kecamatan untuk mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kulit (PMK) terhadap hewan ternak yang mulai mewabah di beberapa daerah.

“Melalui tim yang ada di 11 kecamatan, kami melakukan pemeriksaan dan pengawasan kepada peternak yang ada di Kota Depok, kemudian juga di RPH (rumah pemotongan hewan). Kita datangi dan periksa semua hewan,” kata Kepala DKP3 Kota Depok Widyati Riyandani di Depok, Jumat 13 Mei 2022.

Menurut Widya, sapaan Widyati Riyandani, pihaknya tengah menjalin koordinasi dengan pemerintah provinsi Jawa Barat terkait keluar-masuknya hewan ternak dari luar daerah.

Pemeriksaan hewan ternak dilakukan DKP3 di peternakan ADH Farm di Kecamatan Cimanggis, Kamis 12 Mei 2022 kemarin. “Kami sudah melakukan pemeriksaan 75 ekor sapi, dan hanya seekor yang berasal dari luar kota Depok. Hasilnya semua negatif, enggak ada yang terjangkit PMK,” kata Widyati.

Namun demikian, pihaknya akan tetap gencar melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak untuk memastikan kondisi kesehatan hewan menjelang Hari Raya Idul Adha. “Kami juga masih running (terus melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak) jadi belum ada yang di dapat hasilnya. karena hewan ternak kurbannya belum datang,” ujarnya.

Selain itu, DKP3 Depok juga melakukan edukasi terhadap pedagang dan peternak hewan sebagai salah satu bentuk antisipasi wabah PMK terhadap hewan ternaknya. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *