by

AP I dan AP II Resmi Bergabung Jadi InJourney Airports

DEPOKRAYANEWS.COM- PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II resmi bergabung dan berubah nama menjadi PT Angkara Pura Indonesia atau InJorney Airports pada Senin 9 September 2024.

Entitas baru ini masuk ke dalam anggota Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) alias InJourney.

Meskipun dua perusahaan digabung jadi satu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan

Erick kemudian bercerita soal suksesnya upaya pemerintah menggabungkan PT Pelindo menjadi satu pada 2021 silam. Erick mengatakan penggabungan itu memberikan hasil luar biasa tanpa adanya isu PHK dan bahkan terjadi efisiensi.

“Nah sama ini Angkasa Pura I, (Angkasa Pura) II, menjadi Angkasa Pura Indonesia. Jadi isu layoff tidak ada, justru ini isu pengembangan, ini kita mengolah 37 airport, di mana akan menjadi satu sistem pelayanan,” kata Erick di Kantor Pusat InJourney, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 9 September 2024

Erick menceritakan bagaimana airport di luar negeri yang sekarang berubah model, tidak hanya buat transportasi, tetapi membangun sebuah ekosistem baru.

Ia menekankan bagaimana pendapatan dari sektor penerbangan atau aeronautika dan non-aero sudah mulai meningkat. Menurutnya, bandara memang menjadi pusat kehidupan manusia tak hanya di Indonesia, tapi di negara lainnya.

Direktur Utama InJourney