by

Apa Itu Buzzer?

Twitter
Twitter

Depokrayanews.com- Twitter adalah salah satu jejaring sosial yang sangat nyaman dan disukai oleh pengguna media sosial Indonesia.

Sejak diluncurkan tahun 2006, Twitter telah berhasil menjaring 500 juta pengguna dengan 30 jutanya berasal dari Indonesia.

Jumlah pengguna di Indonesia bahkan berada di urutan ke lima dari seluruh negara yang mengakses Twitter.

Hal ini tentu membuat brand-brand besar tertarik untuk beriklan di sana.

Tidak hanya itu, partai politik ataupun calon kepala daerah seperti walikota, bupati, gubernur bahkan presiden pun kini menggunakan twitter. Tujuannya tentu mengejar popularitas atau pencitraan.

Yang paling sederhana adalah untuk pembentukan atau penggiringan opini publik.

Salah satu sarana yang bisa digunakan oleh para brand atau kelompok tertentu adalah jasa para buzzer.

PKS bahkan dituding sebagai salah satu partai politik yang mengelola buzzer. Apa itu buzzer?

Nah untuk yang belum tahu apa itu buzzer, depokrayanews.com akan menjelaskan sedikit informasi tentang buzzer seperti yang dansir gadgetan.

Buzzer adalah akun di Twitter yang memiliki jumlah follower besar dan banyak. Biasanya, akun buzzer itu memang memiliki ceruk pasar tertentu, dari masalah cinta, masalah mahasiswa, tips kencan, rahasia pria dan wanita ataupun quote bijaksana sampai ke penggiringan opini untuk kepentingan publik figur calon kepala daerah atau kepentingan partai politik.

Nah, apa sih tugas para buzzer?akun buzzer itu biasanya memberi rekomendasi dan product knowledge mengenai produk-produk yang mereka iklankan dengan cara meng-tweet informasi-informasi tersebut di akun Twitter mereka.

Mereka biasanya memberikan mention ke akun brand dan memberitahukan informasi terkait brand tersebut, termasuk isu kepentingan partai atau kelompok tadi.

Namun, beberapa brand sekarang tidak memerlukan puluhan ribu hingga jutaan follower, sebuah akun yang tidak kita kenal sebelumnya asalkan punya karakteristik tweet yang khas dan punya follower yang loyal, juga bisa menjadi seoran.

Saat ini yang menjadi fokus brand dan buzzer adalah menyampaikan komunikasi secara efektif dan efisien agar tersampaikan ke follower para buzzer.

Tentunya itu adalah tugas yang tidak mudah, namun komunikasi efektif bisa dibangun dengan menghadirkan tweet yang tidak berkesan jualan, tetapi lebih menceritakan pengalaman puas menggunakan produk tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal unik tentang buzzer:

1. Buzzer biasanya memiliki follower dengan karakteristik dan range usia yang sama. Akun dengan masalah percintaan biasanya diikuti oleh para follower yang berusia remaja. Oleh karena itu, brand dengan produk remaja bisa melakukan branding dengan akun ini.

2. Gaya bahasa unik buzzer terkadang menjadi alasan mereka difollow oleh banyak orang. Hal ini akan membantu untuk nyambung dengan audiens, para brand yang menjalani campaign dengan para buzzer biasanya tidak terlalu mengekang atau menerapkan aturan yang banyak kepada buzzer semacam ini.

3. Buzzer berperan sebagai brand ambassador atau endorser dari brand yang diwakilinya. Oleh karena itu, tidak jarang buzzer menerima pertanyaan-pertanyaan detail tentang produk yang mereka komunikasikan. Jadi, buzzer minimal setidaknya harus menguasai produk yang mereka iklankan atau isu yang sedang mereka mainkan. (berbagai sumber)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *