by

Arab Saudi Setop Umrah, Ma’ruf: Kita Usaha Indonesia Tak Masuk yang Dilarang

Wapres Ma’ruf Amin

Depokrayanews.com- Arab Saudi melarang kunjungan warga negara asing dalam rangka ibadah umrah untuk sementara. Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap pemerintah Saudi tetap mengizinkan jemaah Indonesia melakukan umrah.

“Kita harapkan nanti pemerintah Saudi memberikan atau membuka kembali kepada jemaah Indonesia untuk melakukan umrah, kita tunggu hasilnya,” kata Ma’ruf di Pangkal Pingang, Bangka Belitung, Kamis 27 Februari 2020.

Menurut Ma’ruf, saat ini Duta Besar Indonesia untuk Saudi sedang melakukan komunikasi. Menurutnya, komunikasi ini dilakukan agar Indonesia tidak menjadi negara yang dilarang.

“Duta Besar kita di Saudi sedang berusaha agar Indonesia tidak termasuk yang dilarang untuk melakukan umrah. Saya kira umrah tidak boleh disetop, ini kan sementara. Walaupun sementara kita berharap Indonesia tidak masuk yang sementara itu,” sambungnya.

Ma’ruf menyebut, tidak ada warga Indonesia yang terpapar virus corona. Sehingga menurutnya, jamaah Indonesia aman.

“Karena Indonesia kan tidak terpapar virus, jadi kita jemaah kita mestinya aman. Kan kalau alasannya itu virus corona, kita kan tidak tercemar, mestinya tidak terkena embargolah,” tuturnya.

Sebelumnya, Arab Saudi melarang kunjungan warga negara asing untuk memasuki wilayahnya sementara waktu karena penyebaran virus corona (COVID-19). Tak hanya melarang kunjungan dalam rangka ibadah umrah, Saudi juga menghentikan sementara kunjungan ke Masjid Nabawi, Madinah.

“Menghentikan sementara warganegara asing masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah Umroh dan mengunjungi Mesjid Nabawi,” demikian rilis dari Kemlu Arab Saudi. (mad/dtk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *