by

Arsitektur Masjid Raya Sumatera Barat Terbaik di Dunia

Depokrayanews.com- Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) yang berdiri megah di tengah Kota Padang mendapat penghargaan Abdullatif Al-Fozan karena desain arsitekturnya yang istimewa dan menarik bersama enam masjid lainnya di dunia.

Dilansir dari iqna.ir, peraih penghargaan Abdullatif Al-Fozan untuk Arsitektur Masjid diumumkan dalam sebuah upacara di Madinah, Arab Saudi, Senin 20 Desember 2021.

Penghargaan Abdullatif Al Fozan diberikan terhadap masjid dengan ide-ide baru dan arsitektur yang menarik di seluruh dunia.

Tujuannya untuk mendorong inovasi dalam perencanaan, desain, dan teknologi yang dapat membentuk identitas arsitektur masjid di abad kedua puluh satu.

Ada empat kategori yaitu masjid pusat, masjid Jam’, masjid lokal dan masjid komunitas. Motto dari penghargaan ini adalah “Arsitektur Masjid di 21st Century”.

Sebanyak 201 masjid di 43 negara telah dinominasikan untuk penghargaan internasional, 27 di antaranya terpilih dan akhirnya tujuh diumumkan sebagai pemenang utama.

Berikut tujuh pemenang edisi ketiga masjid dengan desain arsitektur terbaik yaitu:
1. Masjid Raja Abdullah di Riyadh
2. Masjid Basuna di desa Basuna Sohag Mesir
3. Masjid Al-Ahmar di Bangladesh
4. Masjid Raya Sumatra Barat di Indonesia
5. Masjid Sancaklar di Buyukcekmece Istanbul Turki
6. Masjid Amir Shakib Arslan di Lebanon
7. Masjid Agung Djenne di Mali

Sultan bin Salman bin Abdulaziz, penasihat raja Saudi dan anggota dewan pengawas penghargaan menggarisbawahi pentingnya memperhatikan masjid dan arsitekturnya. (ant/red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *