by

Asman Abnur Pengusaha Batam Kini Jadi Menpan

Presiden Jokowi mempercayakan Asman Abnur (tengah) sebagai Menpan RB.
Presiden Jokowi mempercayakan Asman Abnur (tengah) sebagai Menpan RB.

Depokrayanews.com- Satu lagi wajah baru di jajaran kabinet hasil reshuffle yang diumumkan Presiden Joko Widodo, Rabu (27/7/2016) siang.

Dialah H.Asman Abnur, SE,Msi yang dipercaya Jokowi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), menggantikan Yuddy Chrisnandi.

Putra kelahiran Padang Pariaman, Sumatera Barat, 2 Maret 1961 itu

Asman Abnur asal Pariaman, Sumatera Barat dipercaya Jokowi sebagai Menpan RB,
Asman Abnur asal Pariaman, Sumatera Barat dipercaya Jokowi sebagai Menpan RB,
berlatar belakang pengusaha sebelum kemudian masuk ke ranah politik. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu adalah anggota DPR dari daerah pemilihan Kepulauan Riau hasil Pemilu Legislatif 2004 lalu.

Asman lahir dari pasangan Aburuddin Hamzah dan Nurcahya. Ayahnya merupakan seorang pedagang emas di Tanjung Pinang dan Batam.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Asman melanjutkan usaha orang tuanya berjualan emas. Dari usaha ini, ia mengembangkan berbagai macam jenis usaha antara lain beberapa unit SPBU, sejumlah restoran, apotek, pusat kebugaran, Bank Perkreditan Rakyat Konvensional dan Syariah, serta money changer.

Dia pernah memegang berbagai posisi penting, di antaranya Ketua HIPMI Batam dan Ketua Kadin Batam. Kini aktivitas bisnisnya merentang antara Batam, Singapura, dan Jakarta.

Asman memulai kariernya di bidang politik dengan menduduki kursi DPRD Kota Batam periode 1999-2004. Ia kemudian menjabat Wakil Walikota Batam, namun mengundurkan diri karena ingin mencalonkan diri menjadi wakil rakyat di DPR RI. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *