by

Atasi Banjir di Mampang, Dandim akan Koordinasi dengan Pemkot Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- Dandim 0508/Depok, Kolonel Elvino Yudha Kurniawan akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Depok dan pihak terkait untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di kawasan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas.

Terbaru, banjir parah terjadi pada Rabu 18 Mei 2022 sejak subuh sampai menjelang sore. Jalan Pramuka Raya, Jalan Kali Licin dan sebagian Jalan Raya Sawangan terendam banjir cukup dalam. Akibatnya, terjadi kemacetan sepanjang 10 km.

Ruko dan rumah di sepanjang Kali Licin terendam banjir. Bahkan rumah dinas anggota Kodim 0508/Depok di Jalan Pramuka Raya juga terendam bajir setinggi 80 cm.

“Ini sangat menggagu, terlebih banjirnya sering terjadi. Rumah dinas anggota kami, terendam air dengan ketinggian sepinggang orang dewasa,” kata Kolonel Elvino kepada wartawan, Rabu 18 Mei 2022.

Melihat kondisi itu, Kolonel Elvino mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan pihak terkait untuk segera mengambil langkah agar banjir serupa tidak kembali terjadi.

“Banjir ini tidak boleh didiamkan terlalu lama, harus ada tindak cepat dan solusi konkrit untuk mengatasinya,” kata dia.

Langkah pengendalian banjir yang dilakukan Pemkot Depok seperti perbaikan saluran air dan normalisasi kali dinilai hanya untuk mengatasi sesaat. Tidak akan menyelesaikan permasalahan banjir yang kerap terjadi.

“Tidak bisa dengan hanya mengangkut sampah dan menormalisasi kali atau sungainya saja. Walaupun debit air kalinya tidak penuh, banjir sering terjadi. Jadi, ini perlu penanganan serius,” kata dia.

Dandim juga mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah di kali, karena salah satu penyebab banjir adanya tumpukan sampah di kali. (ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *