by

Bagi Dodi, Manfaat JKN-KIS Lebih Besar Daripada Iurannya

Dodi Mizwar

Depokrayanews.com- Menjadi peserta JKN-KIS memang terbukti tidak ada ruginya. Terbukti dari iuran JKN-KIS yang rutin dibayarkan sangat berbanding terbalik jika dilihat dari manfaat yang diberikan sangat besar yaitu memberikan akses untuk memperoleh pelayanan kesehatan tanpa terkendala masalah biaya. Seperti yang dirasakan oleh Dodi Mizwar, seorang warga Kota Depok.

Dodi mengungkapkan bahwa sejak menjadi peserta JKN-KIS, ia telah beberapa kali berobat menggunakan kartu JKN-KIS. Meski demikian, pengobatannya tetap selalu dijamin. Bahkan ia tidak pernah mengalami kendala saat menjalani pengobatan. Baik di Puskesmas maupun di rumah sakit.

“Saya pernah menggunakan kartu JKN-KIS saya untuk berobat karena flek di paru-paru. Selain itu juga pernah menggunakannya untuk pengobatan bronkitis. Semuanya dijamin dan tidak ada masalah. Pengobatannya berjalan dengan lancar, dan sekarang saya sudah sembuh,” kata Dodi.

Menurut Dodi, berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS, sangat bagus. Berdasarkan pengalaman yang ia alami sendiri, pelayanan yang diberikan sama baiknya dengan pasien umum. Mulai dari obat yang semua ditanggung, hingga dokter dan perawat yang rutin mengontrol kondisinya hingga bisa cepat sembuh.

“Saya sangat bersyukur menjadi peserta JKN-KIS. Saya bisa selalu berobat tanpa terkendala masalah biaya. Kalau tidak terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, pasti saya sudah kesulitan. Apalagi penyakit saya adalah penyakit yang butuh kontrol rutin. Dan kalau dihitung-hitung, iuran yang saya bayarkan selama ini jauh tidak sebanding dengan manfaat yang sudah saya terima,” kata Dodi.

Dodi berharap agar Program JKN-KIS terus dikembangkan. Termasuk dari segi pelayanan di fasilitas kesehatan. Menurutnya selama ini pelayanan sudah cukup baik, namun masih perlu terus ditingkatkan. Perluasan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk melayani pasien JKN-KIS juga perlu ditambah untuk mengakomodir jumlah peserta yang terus bertambah.

Dodi juga mengajak peserta JKN-KIS lainnya untuk rutin dan tepat waktu dalam membayar iuran. Agar Program JKN-KIS tetap dapat berjalan dengan baik, sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan. Selain itu, dengan rutin membayar iuran, maka akan memastikan kartu JKN-KIS aktif dan dapat digunakan sewaktu-waktu saat dibutuhkan. (DT/mr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed