by

Baim Wong dan Indigo Cabut Pendaftaran Citayam Fashion Week ke Dirjen HAKI

DEPOKRAYANEWS.COM- Baim Wong memutuskan untuk melepas pendaftaran hak cipta “Citayam Fashion Week” setelah kekisruhan terjadi usai dirinya mengajukan hak cipta nama tersebut ke Dirjen HAKI.

Dalam video yang diunggah di akun YouTube miliknya pada Senin 25 Juli 2022 malam, Baim Wong juga meminta maaf bila tindakannya itu membuat resah banyak orang.

Baim Wong mengatakan, semula ia akan mengumumkan melepas pendaftaran hak cipta Citayam Fashion Week tersebut kepada media pada Selasa 26 Juli 2022. Namun ia memutuskan untuk mengumumkan lewat YouTube terlebih dahulu.

“Intinya saya akan bilang isinya akan seperti ini, saya akan melepas, enggak mau untuk mempertahankan. Kalaupun nanti ada yang bisa saya bantu Citayam Fashion Week … apapun itu, dengan senang hati,” kata Baim Wong.

“Tiger Wong Entertainment mau bantu dalam segi apapun. Sekali lagi, mudah-mudahan permintaan maaf ini didengarkan, didengarkan sama kalian semua,” lanjutnya.

Dalam video itu, Baim Wong menunjukkan jejak percakapan dirinya kepada Bonge dan sejumlah pihak lain pada 20 Juli 2022. Ia pun menegaskan telah mencari tahu lebih dulu soal pemilik hak cipta Citayam Fashion Week sebelum mendaftarkan ke Dirjen HAKI.

Langkah yang sama juga diambil oleh Indigo Aditya Nugroho. Dia menarik permohonan pendaftaran merek Citayam Fashion Week dari Ditjen HAKI Kementerian Hukum dan HAM.

Sebelumnya, Indigo dan perusahaan milik Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Dirjen HAKI. Pendaftaran itu diterima per 21 Juli 2022.

Koordinator Pemeriksa Merek DJKI Kemenkumham Agung Indriyanto mengatakan pendaftaran keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Perusahaan milik Baim Wong disebut mendaftarkan merek tersebut untuk jenis jasa hiburan dalam sifat peragaan busana dan pelbagai layanan hiburan.

“Menyediakan podcast di bidang mode, hingga publikasi majalah mode untuk tujuan hiburan,” kata Agung dalam keterangan resminya, Senin 25 Juli 2022.

Sementara Indigo untuk tujuan jasa ajang pemilihan kontes hiburan, expo mengenai kesenian, kebudayaan, dan pendidikan. Fashion show (hiburan), perencanaan pesta (hiburan) untuk acara promosi sehubungan dengan peragaan busana, dan pertunjukan panggung live.

Pendaftaran permohonan keduanya pun sempat menuai protes. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahkan turut meminta pencabutan permohonan pendaftaran tersebut.

“Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya,” kata Ridwan Kamil melalui akun Instagram @ridwankamil, Senin 25 Juli 2022. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *