by

Bakal ada Acara Heboh di Peringatan Hari Internet Sedua di Perpustakaan Kota Depok

Depok tengah berupaya menuju Kota Layak Anak.
Depok tengah berupaya menuju Kota Layak Anak.

Depokrayanews.com- Dalam rangka memperingati Hari Internet Sedunia, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok bekerjasama dengan Komunitas Internet Sahabat Anak (KISA & KISA MUDA) menyelenggarakan acara Depok Layak Anak dengan tema “Internet Sahabat Anak dan Media Ramah Anak” pada 29 Oktober 2016 di Perpustakaan Kota Depok.

“Kami ingin memberikan edukasi kepada para pengguna internet, khususnya anak – anak dan media supaya bisa memberikan pemberitaan/konten yang ramah dan aman untuk anak-anak,” kata
Martinho Faz, Kabid Informasi Publik Diskominfo Pemkot Depok, Selasa (25/10/2016).

Menurut Martin, mulai dari sekarang saatnya untuk melindungi generasi muda dari bahaya internet dan mengajarkan mereka penggunaan internet yang baik, benar, tepat dan bertanggungjawab.

Internet ibarat pisau bermata dua yang memiliki sisi negatif dan sisi positif. Internet dapat menimbulkan ketergantungan, anti sosial, serta dapat memicu perilaku agresif pada anak – anak.

Akan tetapi, internet juga memiliki sisi positif yang begitu banyak, seperti halnya dengan internet kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi dengan banyak orang, dan mendapatkan banyak teman.

Sekretaris panitia acara, Rita Nurlita, mengatakan ada 3 rangkaian acara yang akan dilaksanakan yakni;

1. Talkshow
Acara talkshow akan diselenggarakan di aula Perpustakaan Kota Depok yang akan dihadiri 150 pelajar SMP dan SMA se-Kota Depok dengan pembicara Elly Farida Idris (Ketua TP PKK Kota Depok) tentang Remaja yang hebat di era digital.

Kemudian, Donny B.U (ICT Watch) tentang cara memanfaatkan internet untuk pelajar. Ipda Nurul Kamila Wati (Katim Srikandi polresta Depok) tentang Cyber Crime

2. Story Telling tentang “Petualangan di Dunia Maya”.
Acara ini menghadirkan Kak Oky (Mr Pret) sebagai pendongeng kepada 100 anak SD se-Kota Depok yang diselenggarakan di ruang film perpustakaan kota depok.

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata bahwa untuk memerangi dan meminimalisir penggunaan dan dampak negatif dari internet memerlukan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan guru, dan para orang tua untuk bersama – sama menjaga anak – anak agar tidak terkena dampak negatif internet.

3. Hiburan.
Selain talkshow, story telling dan pameran, dalam kegiatan cara Depok Layak Anak juga ada hiburan antara lain akustik dari bianglala, penampilan biola dari AVC Depok, stand up comedy dari Bibul, pantomin dari Tim Ilustrasi. Sebagai MC, akan ada Abang dan Mpok Kota Depok dan Emsee_Id. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *