by

Bakal Calon Gubernur Jakarta, Anies Baswedan Dipanggil Ketua Umum DPP PDIP Megawati Siang Ini

DEPOKRAYANEWS.COM- Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan sejumlah bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung PDIP di Pilkada Serentak 2024 pada Senin 26 Agustus 2024 siang. Bahkan acara itu akan disiarkan langsung kanal YouTube dan laman Facebook PDIP dimulai 13.00 WIB.

Masyarakat banyak yang menunggu apakah PDIP jadi mengusung Anies Baswedan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Sebab dalam beberapa hari terakhir, beredar kabar bahwa PDIP akan mengusung Anies Baswedan dan Rano Karno sebagai calon gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta di Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Keduanya akan dipanggil ke kantor DPP PDIP, Jakarta, pada Senin 26 Agustus 2024 untuk menerima rekomendasi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. “Jam 11 Anies akan dipanggil dulu ke DPP PDIP,” kata sumber yang dikutip dari CNNIndonesia.

Meski akan diusung sebagai calon gubernur DKI Jakarta, Anies tidak menjadi kader PDIP. Peluang PDIP mencalonkan gubernur dan wakil gubernur di DKI Jakarta terbuka berkat putusan MK nomor 60/PUU-XXII/2024. Sebelum putusan itu, PDIP tak bisa mencalonkan siapa pun karena tak mampu membentuk koalisi yang punya minimal 20 persen kursi DPRD atau setara 22 kursi.

Putusan itu mengubah ambang batas pencalonan kepala daerah. Di DKI Jakarta, ambang batas cuma 7,5 persen dari total perolehan suara pemilu sebelumnya. Perolehan suara PDIP melampaui syarat tersebut.

Selain itu, putusan MK juga memungkinkan mantan Gubernur menjadi wakil gubernur di daerah lain. Rano Karno sebelumnya pernah menjabat sebagai Gubernur Banten pada tahun 2015-2017. Pemeran ‘Si Doel’ dalam sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ itu sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Banten, mendampingi Ratu Atut Chosiyah. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *