by

Bakrie Gandeng GAS Produksi Sepeda Motor Listrik

DEPOKRAYANEWS.COM- PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR), sebagai entitas baru dari Bakrie Autoparts, anak usaha Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) menggandeng PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (GAS/SLIS) menyiapkan sepeda motor listrik untuk konsumen di Indonesia.

GAS merupakan induk usaha PT Juara Bike, produsen kendaraan listrik dengan brand Selis.

Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono mengatakan kedua belah pihak sepakat memproduksi sepeda motor listrik yang akan diproduksi oleh VKTR bersama SLIS, kualitas, beta testing, dan percepatan produksi dengan target pemenuhan TKDN sesuai dengan yang pemerintah tetapkan.

Ia mengklaim kerjasama ini akan menghasilkan produk sepeda motor listrik berkualitas dan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Ke depan, dengan adanya dukungan pemerintah terhadap industri kendaraan listrik, pasar sepeda motor listrik di Indonesia pasti tumbuh pesat,” kata Gilarsi W. Setijono, Minggu 25 Desember 2022.

Rancang bangun produk sepeda motor listrik itu akan dikerjakan bersama institusi pendidikan tinggi, yakni Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Sedangkan manufakturnya akan memakai fasilitas produksi yang dimiliki GAS.

TKDN di tahap awal sudah berada di angka 45 persen sampai 50 persen, dan seiring berjalannya waktu akan terus ditingkatkan hingga 90 persen.

“Kami pastikan, pertengahan 2023 akan lahir satu produk sepeda motor listrik,” kata Gilarsi.

Dia menyebut jumlah sepeda motor di Pulau Jawa berdasarkan data tahun 2021 mencapai 89.660.579 unit. Sedangkan total jumlah sepeda motor di Indonesia sebanyak 119.536.624 unit. ”Tidak heran jika motor menyedot 69 persen dari total ketersediaan bensin nasiona. Kami sangat mendukung program pemerintah untuk mendorong masyarakat beralih ke sepeda motor listrik,” kata Gilarsi.

Sementara itu, Direktur Utama GAS Edi Hanafiah Kwanto, menyambut baik kerja sama itu karena membuka peluang untuk memasuki pasar kendaraan listrik secara lebih luas.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap bisa terus memahami kebutuhan pengguna EV di Indonesia, meningkatkan kemudahan pemakaian dan keandalan dari teknologi, dan memberikan yang terbaik bagi konsumen serta ikut berkontribusi mencapai bebas emisi dan net zero pada 2060,” ujar Edi. (mad/ant)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *