by

Bambang Soesatyo Akhirnya Terpilih Jadi Ketua MPR

Bambang Soesatyo.

DepokRayanews.com- Sidang MPR pada Kamis malam (3/10/2019) akhirnya secara musyawarah mufakat menetapkan mantan Ketua DPR, Bambang Soesatyo dari Golkar sebagai ketua baru MPR. Keputusan itu diambil setelah Fraksi Gerindra di MPR menyatakan sepakat mendukung Bambang Soesatyo.

Hasil itu sejalan dengan upaya yang dilakukan oleh Partai Golkar, sebagaimana dikatakan oleh Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily. Ia sebelumnya mengatakan pihaknya sudah mendapatkan komitmen dari beberapa partai lain di MPR, terutama partai-partai eks-anggota Koalisi Indonesia Kerja yang mendukung Presiden Joko Widodo dalam pemilu lalu.

Pemilihan Ketua MPR dipilih melalui musyawarah untuk mufakat. Berbeda dengan ketua DPR yang dijabat perwakilan partai pemenang pemilu.
Sebelumnya, nama Bambang Soesatyo dan Ahmad Muzani muncul sebagai calon kuat untuk ketua MPR yang diusung partai, sementara Fadel Muhammad dicalonkan oleh DPD.

Rapat gabungan pada Kamis (3/10/2019) juga menetapkan sepuluh pimpinan MPR Masa Bakti 2019-2024. Mereka adalah Ahmad Basarah (PDI Perjuangan), Bambang Soesatyo (Partai Golkar), Ahmad Muzani (Partai Gerindra), Lestari Moerdijat (Partai Nasdem), Sjarifuddin Hasan (Partai Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), Zulkifli Hasan (PAN), Arsul Sani (PPP), dan Fadel Muhammad (DPD).

Wakil Sekjen DPP Gerindra, Andre Rosiade mengatakan ingin Ahmad Muzani menduduki kursi ketua MPR sebagai perwakilan partai di luar koalisi pemerintah, mengingat jabatan ketua DPR telah ditempati oleh perwakilan PDI-P. “Ini jangan sampai the winner takes all,” ujar Andre.

Ahmad Muzani juga digambarkan Andre sebagai sosok yang bisa diterima oleh seluruh fraksi partai di MPR dan memiliki rekam jejak yang “luar biasa”. Selain itu, Gerindra merasa berhak diberikan jabatan ketua MPR karena merupakan peraih suara terbanyak kedua pada Pemilihan Legislatif 2019. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *