by

Banjir dan Longsor Landa 14 Kecamatan Lebak Banten, Sejumlah Orang Hanyut

Depokrayanews.com- Banjir dan longsor terjadi di 14 Kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten karena hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah itu, sejak Sabtu 5 Desember 2020 malam kemarin.

Menurut laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, kecamatan yang terdampak banjir itu di antaranya yaitu Wanasalam, Cijaku, Cigemblong, Malingping, Cirinten, Bojongmanik, Leuwidamar, Gunung Kencana, Banjarsari, Cileles, dan Cimarga.

Sedangkan longsor terjadi di empat kecamatan yakni Muncang, Lebakgedong, Cipanas dan Cirinten.

“Dampak banjir paling parah di Kecamatan Banjarsari dengan 419 rumah terendam, kemudian di Leuwidamar 373 rumah, dan Wanasalam 153 rumah,” kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak Febby Rizki seperti dilansir Kompas.com, Minggu 6 Desember 2020.

Sejumlah sungai meluap akibat intensitas hujan yang tinggi sejak Sabtu malam kemarin.

Data hingga Minggu sore ini, setidaknya ada 13 rumah rusak berat akibat banjir, tiga rumah rusak sedang, dan 11 rumah rusak ringan.

Adapun dampak longsor merusak 27 rumah dan banjir juga menyebabkan sejumlah jalan poros desa amblas serta satu sekolah tertimbun. Dari laporan, terdapat tiga orang hanyut akibat banjir, di mana dua di antaranya berhasil diselamatkan. Sementara satu orang lainnya masih dalam pencarian tim petugas di lapangan. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *