by

Banjir Rendam 20 RT di Jakarta, di Cawang Ketinggian Air Capai 120 Cm

DEPOKRAYANEWS.COM- Sedikitnya 20 RT di Jakarta terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi dan sejumlah sungai meluap.

“BPBD DKI mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 12 RT, saat ini menjadi 20 RT atau 0,066 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan, Rabu 26 Oktober 2022 pagi.

Menurut Isnawa, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Selasa 25 Oktober 2022 menyebabkan kenaikan status siaga Bendung Katulampa menjadi Siaga 3 (Waspada), Pos Depok Siaga 3 (Waspada), dan Pintu Air Manggarai Siaga 3 (Waspada).

BPBD DKI Jakarta juga telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah. Selain itu, pihak-pihak terkait tengah melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

Dikatakan, RT yang masih tergenang banjir di antaranya satu RT di Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, dengan ketinggian air sekitar 45 cm. BPBD melaporkan banjir di Rawajati diakibatkan curah hujan tinggi dan luapan Sungai Ciliwung.

Kemudian, BPBD mencatat 19 RT di Jakarta Timur juga terendam banjir. Berikut rinciannya:

Kelurahan Cililitan
– Jumlah: 1 RT
– Ketinggian: 80 cm
– Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Item

Kelurahan Cawang
– Jumlah: 7 RT
– Ketinggian: 40-120 cm
– Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

Kelurahan Kampung Melayu
– Jumlah: 6 RT
– Ketinggian: 50-80 cm
– Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

Bidara Cina
– Jumlah: 5 RT
– Ketinggian: 50 cm
– Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung
(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *