Bank BJB Berikan Bantuan Permodalam Bagi Usaha Kecil Menengah Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Sebarkan :

 
Bank BJB akan berikan modal bagi usaha kecil menengah peserta BPJS Ketenagakerjaan. (dok)

Bank BJB akan berikan modal bagi usaha kecil menengah peserta BPJS Ketenagakerjaan. (dok)

Depokrayanews.com- Lembaga Pengembangan Dana Bergulir (LPDB) bekerjasama dengan Bank BJB akan memberikan fasilitas permodalan, pembinaan dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada pelaku Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Program bantuan tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, Direktur Utama bank BJB, Ahmad Irfan, serta LPDB KUMKM dan Kadin Prov Jabar) dalam acara Pesta Rakyat dan Syukron hari jadi 71 Jawa Barat di halaman Gedung Sate Bandung, Jumat (2/9).

Dalam nota kesepahaman itu, LPDB KUMKM melalui Bank BJB dan bekerja sama dengan Kadin Prov Jabar akan memberikan fasilitas permodalan dan pembinaan untuk debitur pelaku KUMKM di Jawa Barat serta mewajibkan mereka ikut serta dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diselenggarakan BPJSTK

“Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk para debitur ini sudah selayaknya dilakukan, mengingat pentingnya mereka memiliki rasa aman dan ketenangan dalam melakukan pekerjaan mereka,” kata Agus usai penandatanganan yang disaksikan Gubernur Jawa Barat,  Achmad Heryawan.

Direktur Utama Bank BJB, Ahmad Irfan, menyambut baik kehadiran para Direktur lembaga dan instansi terkait dalam kegiatan tersebut.

Dia memandang optimis kerjasama ini akan mendapatkan sambutan yang baik dan terjaga keberlangsungannya.

“Dengan adanya kerjasama ini, perlindungan pada tenaga kerja khususnya pelaku KUMKM di Jawa Barat akan semakin luas,” kata dia.

Menurutnya, pelaku KUMKM yang merupakan salah satu tonggak perekonomian nasional dan termasuk kelompok sasaran pekerja yang harus dilindungi BPJSTK. Pemberian modal yang disertai dengan perlindungan jaminan sosial merupakan hal yang perlu ditiru karena meningkatnya kapasitas usaha, berpotensi pada meningkat pula risiko kerja bagi pelaku KUMKM maupun pekerjanya.

Pada kesempatan yang sama juga ditandatangani Nota kesepahaman antara Bank BJB dan BPJSTK tentang persyaratan kepesertaan BPJSTK bagi debitur komersial dan Corporate Sosial Responsibility (CSR) Bank BPJB untuk pembayaran iuran bagi pekerja rentan bukan penerima upah (BPU) seperti petani, nelayan, dan sebagainya. (pkn)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Depok Ajukan 3.200 Pelaku Usaha Mikro Terima Bantuan dari Kemenkop UKM

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengajukan 3.200 pelaku usaha mikro untuk mendapatkan bantuan sebesar Rp ...