by

Bantuan Pihak Swasta, Kota Bogor Bakal Punya 2 JPO Megah

DEPOKRAYANEWS.COM- Dua Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) megah akan dibangun di Kota Bogor. Lokasinya di Jalan Warung Jambu tepatnya dekat perempatan lampu merah, Kecamatan Bogor Utara dan di Jalan Pajajaran berlokasi di depan Majid Raya, Kecamatan Bogor Timur.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo, pembangunan JPO itu sudah lama direncanakan, namun baru pertengahan 2022 bisa terealisasi.

“Dua lokasi yang akan dibangun JPO memiliki kepadatan lalulintas penyebrangan, baik di depan Masjid Raya ataupun di Warung Jambu. Pembangunan JPO akan dimulai pada awal bulan Agustus ini,” ucap Eko kepada wartawan, Sabtu 30 Juli 2022.

Pembangunan dua JPO itu, kata Eko akan dilaksanakan oleh pihak swasta yang telah bekerjasama dengan Pemkot Bogor, dan sudah terbangun Perjanjian Kerjasama (PKS) maupun Memorandum Of Understanding (MoU). ‘Jadi, pembangunan JPO ini bukan berasal dari dana APBD, melainkan merupakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Diva Intan Putri Pratama,” kata Eko.

”Semua perizinan untuk JPO sudah selesai ke pusat. Karena lokasi JPO ada di Jalan Nasional,” tambah Eko.

Terkait konsep pembangunan JPO, Eko menerangkan, JPO akan menggunakan konsep heritage modern dengan penyesuaian kearifan lokal Kota Bogor. Awalnya konsep JPO itu akan disertai adanya Lift, namun karena pemeliharaan lift memakan biaya besar sehingga dibatalkan.

“Pembangunan di bawahnya betonisasi dan konsepnya heritage modern. Ornamen di JPO juga terlihat megah sesuai dengan design dari pihak kontraktor, sehingga nantinya bisa jadi obyek lokasi swafoto masyarakat. Pembangunan JPO ditargetkan selama tiga bulan, atau maksimal di akhir tahun 2022 ini sudah selesai dan bisa dipergunakan masyarakat,” katanya. (and)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *