by

Bantuan Produktif Usaha Mikro Dilanjutkan Tahun Ini, Target 14 Juta UMKM

-UMKM-324 views

Depokrayanews.com- Pemerintah melanjutkan program bantuan presiden untuk UMKM atau yang populer dengan istilah Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) pada tahun ini dengan target 14 juta pelaku UMKM dengan nilai bantuan sebesar Rp 2,4 juta per orang.

Syarat UMKM mendapatkan BPUM itu, antara lain WNI, mempunyai NIK dan KTP, dan memiliki usaha mikro. Calon penerima bukan merupakan PNS, TNI/Polri, pegawai BUMN, dan BUMD. Penerima juga wajib memiliki saldo di bank penyalur kurang dari Rp 2 juta, dan wajib memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU).

Seperti dilansir laman resmi BKPM, Rabu 24 Februari 2021, untuk mendapatkan SKU maupun Nomor Induk Berusaha (NIB), pelaku UMKM bisa melakukan pendaftaran melalui Online Single Submission (OSS).

Cara mendapatkan NIB tergolong mudah. Berikut tahapannya:

Pertama, pelaku UMKM masuk ke laman OSS melalui https://oss.go.id dengan menggunakan akun yang telah dimiliki. Selanjutnya, pilih tombol perizinan berusaha perseorangan.

Ada dua pilihan jenis UMKM, pertama skala usaha mikro lewat tombol pendaftaran NIB perseorangan mikro dan kedua skala usaha kecil lewat tombol pendaftaran NIB perseorangan kecil.

Kedua, pelaku usaha mengisi formulir data diri dan data usaha. Pada formulir data profil, pelaku usaha harus melengkapi data/informasi kemudian klik tombol simpan dan lanjutkan.

Sedangkan, pada formulir data usaha, pengusaha diminta melengkapi data-data sesuai dengan formulir data usaha tersebut, kemudian klik tombol simpan dan lanjutkan.

“Bila Anda memiliki lebih dari satu usaha, sebelum meng-klik tombol selanjutnya, silahkan Anda menambahkan usaha tersebut dengan kembali meng-klik tombol tambah usaha dan prosesnya sama,” bunyi penjelasan laman BKPM.

Sementara itu, pada formulir komitmen prasarana usaha, khusus untuk skala kecil dapat mengajukan permohonan izin lokasi dan izin lingkungan. Kemudian, pelaku usaha bisa memeriksa kembali data yang dimasukkan melalui tampilan output NIB dan izin usaha.

“Anda juga dapat mencetak izin usaha dalam format QR yang berisi data lebih detail melalui tombol preview izin usaha QR,” jelas BKPM.

Ketiga, BKPM juga menyediakan pendaftaran untuk izin komersial atau operasional. Caranya, memilih permohonan, lalu pilih tombol Izin usaha mikro kecil (IUMK) selanjutnya izin komersial atau operasional. Pelaku usaha diminta melengkapi data untuk memperoleh NIB komersial atau operasional.

Pada tampilan draft izin komersial/operasional, klik tombol preview izin untuk melihat tampilan draf izin komersial/operasional yang telah Anda pilih. Klik tombol lanjut dan simpan. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed