by

Banyak ASN Jadi Timses, MenPAN RB akan Perketat Aturan Netralitas

Tjahjo Kumolo

Depokrayanews.com- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan memperketat aturan soal netralitas aparatur sipil negara (ASN) menjelang pelaksanaan Pilkada 2020 pada Desember mendatang.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo merasa perlu melakukan pengetatan aturan mengingat banyaknya ASN yang menjadi tim sukses calon kepala daerah.

“Saya kira akan kita perketat netralitas ASN. Karena banyak ASN yang punya jabatan jembling lebih baik saya ikut tim sukses,” kata Tjahjo dalam rapat dengan Komisi II DPR, Senin 6 Juli 2020.

Tjahjo mengatakan keterlibatan ASN sebagai tim sukses bukan tanpa tujuan. Mereka diduga sengaja menjadi tim sukses untuk kemudian mengincar jabatan tertentu apabila pasangan calon yang didukungnya menang Pilkada.

“Siapa tahu tim sukses saya menang pemilu kepala daerah otomatis dia bisa dapat jabatan. Dia hanya pasif yang dapat yang aktif, sampai ada kemarin sekda ikut terlibat,” kata Tjahjo.

Kemeterian PAN-RB bersama Kementerian Dalam Negeri, KASN, KPU dan Bawaslu akan melakukan rapat lebih lanjut untuk membicarakan mengenai pengetatan aturan netralitas ASN.

“Jadi netralitas ASN siapapun kepala daerahnya dari partai manapun atau tidak ada partai, tapi ASN harus profesional,” tegas Tjahjo. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *