by

Bayar Rp 12 Miliar per Tahun, Sampah Depok Dibuang ke Luna Bogor

DEPOKRAYANEWS.COM- Sebagian sampah dari Kota Depok dipastikan akan dibuang ke Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Lulut-Nambo (Luna) Kabupaten Bogor. Pada tahap awal, sampah Kota Depok yang akan dibuang ke Luna sebanyak 350 ton per hari dari kesepakatan 1.000 ton per hari.

“Semua perizinan sudah selesai, sehingga Kota Depok bisa membuang sampah ke TPPAS Luna mulai bulan depan,” kata Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono usai mengahadiri acara pembuatan eco enzyme di Taman Merdeka, Kecamatan Sukmajaya, Jumat 21 Januari 2022.

Luna memang menjadi TPPAS dari sejumlah daerah di sekitarnya,seperti Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Tanggerang Selatan.

Menurut Imam, untuk bisa membuang sampah di Luna, Pemkot Depok harus membayar Rp 125.000 per ton ditambah Rp 12.000 per ton untuk warga terdampak pembuangan sampah.

“Kalau kita buang sampah ke Nambo, Pemkot Depok akan mengeluarkan anggaran sebesar 40 sampai 48 miliaran per tahun. Tapi karena baru 350 ton per hari, maka kami baru mengeluarkan Rp 12 miliar per tahun,” kata Imam.

Untuk itu, Imam mengajak masyarakat Kota Depok untuk memilah sampah dari rumah agar dapat mengurangi volume sampah yang diangkut ke TPPAS Luna.

“Kerena TPA Cipayung mau ditutup, mau dibuang kemana sampahnya, kalau tidak kita olah dan pilah. Sampah plastiknya bisa kita jual, organiknya kita olah jadi eco enzyme atau jadi maggot, semuanya jadi uang,” kata Imam. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *