by

Beda Rapid Test Antigen dengan Rapid Test Antibodi

Depokrayanews.com- Rapid test antigen tengah diperbincangkan masyarakat setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan terbaru.

Sekilas rapid test antigen dengan rapid test antibodi memiliki kesamaan istilah. Namun ternyata dua metode pemeriksaan Covid-19 itu memiliki perbedaan yang signifikan.

Masalah Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Untuk mengatasinya, pemerintah mengeluarkan kebijakan baru. Pemerintah mengeluarkan syarat bagi warga yang ingin keluar kota harus membawa hasil rapid test antigen Covid-19. Syarat tersebut diutamakan untuk yang akan jadi penumpang kereta api jarak jauh atau pesawat.

Padahal sebelumnya hanya disyaratkan untuk membawa rapid test, kini diubah menjadi rapid test antigen Covid-19.

Ini perbedaan rapid tes antigen dengan rapid test antibody?

Jenis Sample
Jenis sampel yang digunakan untuk rapid test antibodi ialah sampel darah. Sedangkan rapid test antigen ialah lender dari hidung atau tenggorokan. Metode pengambilannya dengan usap (swab).

Beda Cara Kerja Rapid Test Antigen dengan Rapid Test Antibodi
Beda rapid tes antigen dengan rapid tes antibodi kedua ialah cara kerja atau tujuannya. Cara kerja rapid test ialah menjadi antibody terhadap virus corona. Harapannya terjadi peningkatan kekebalan tubuh sehingga bisa mengalahkan agen infeksi seperti virus corona.

Sedangkan cara kerja rapid test antigen ialah usaha untuk mengidentifikasi virus dalam sekresi hidung dan tenggorokan. Inti dari tes antigen adalah mendeteksi keberadaan protein (protein nukleokapsid) yang merupakan bagian dari SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Sehingga ketika protein itu teridentifikasi, tim medis akan memberikan tindakan langsung kepada pasien yang terinfeksi.

Lama Waktu Tes
Rapid test antigen dan rapid test antibodi sama-sama membutuhkan waktu hanya 10-15 menit. Sementara hasil tes dibutuhkan waktu lebih lama, sekitar satu jam karena harus melalui pemeriksaan laboratorium. Bila kapasitas laboratorium penuh, maka hasil tes bisa lebih lama lagi.

Akurasi Hasil Tes
Beda rapid tes antigen dengan rapid test antibodi juga dapat dilihat dari akurasi hasil tes. Rapid test antibodi tidak cukup akurat. Tes ini memberikan informasi awal terkait tingkat potensi terinfeksi.

Sedangkan rapid test antigen mempermudah tim medis untuk menentukan pasien mana yang mengalami infeksi. Metode ini lebih akurat daripada rapid test antibody untuk mendeteksi virus corona SARS-CoV-2.

Biaya Tes
Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) menetapkan tarif sebagai berikut:

Biaya rapid test antibodi sebesar Rp 150.000 berdasarkan surat edaran bertanggal 6 Juli 2020.
Tarif rapid test antigen Rp 349.000 hingga Rp 665.000.

Demikian sekilas informasi tentang beda rapid tes antigen dengan rapid test antibodi. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Sumber:suarajabar.id

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *