by

Beda Rumah Sakit Syariah dan Konvensional

DEPOKRAYANEWS.COM- Tren produk-produk syariah disambut dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari munculnya Bank Syariah, Hotel Syariah, Rumah Sakit Syariah, dan produk syariah lainnya.

Apa sih yang membedakan rumah sakit berlandaskan syariah dan rumah sakit konvensional?

Rumah Sakit Syariah merupakan Rumah Sakit yang menerapkan ajaran agama islam dalam pelayanan kepada pasien.

Rumah Sakit Yarsi misalnya berkomitmen untuk menerapkan prinsip syariah dalam setiap aspek pelayanan yang diberikan.

Meski berlabel muslim, ternyata RS Yarsi juga melayani paien nonmuslim. Hal yang sama juga ditemukan pada rumah sakit nonmuslim, seperti RS Cikini, RS UKI di Cawang dan RS Santa Maria di Pekanbaru, Riau juga banyak melayani pasien muslim.

Bagaimana pelayanan rumah sakit syariah ? Yuk kita lihat apa yang dilakukan RS Yarsi sebagai salah satu RS Syariah terkemuka di Indonesia.

Dalam praktik yang dilakukan, RS Yarsi melayani pasien sesuai dengan gender, melayani dengan salam, melakukan bimbingan ibadah sehari-hari, pendampingan talqin, penjadwalan operasi elektif tidak berbentur waktu sholat, akad-akad syariah, dan lainnya.

Tidak mudah bagi RS Yarsi untuk mendapatkan sertifikasi syariah. Karena harus berstatus akreditasi paripurna dari KARS, yang pada artinya standard rumah sakit sejak awal sudah memperhatikan mutu dan kualitas. Rumah sakit berlandaskan syariah juga memiliki nilai yang berorientasi pada pasien, keluarga dan masyarakat.

Setelah melalui proses akreditas syariah pada bulan Oktober 2021, RS Yarsi dinyatakan memenuhi syarat sebagai Rumah Sakit Syariah pertama di DKI Jakarta.

Hal ini ditandai dengan pemberian sertifikat oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia pada tanggal 29 Desember 2021.

Untuk menjaga komitmen syariah yang dimiliki, dibentuk Dewan Pengawas Syariah, yang merupakan perpanjangan dari Majelis Ulama Indonesia, untuk mengawasi berjalanannya pelaksanaan prinsip syariah di RS Yarsi.

Sebagai salah satu layanan syariah, RS Yarsi memfasilitasi pasien dan keluarga pasien dalam beribadah.

Salah satunya dengan menyediakan fasilitas sholat yang nyaman disertai dengan pengingat waktu sholat. Hal ini merupakan bentuk rahmatan lil alamin bagi seluruh masyarakat, sebuah konsep spiritual friendly yang memberikan kenyamanan ibadah bagi pasien atau keluarga yang membutuhkan. Tentunya semua umat muslim ingin melaksanakan ibadah dalam tempat yang nyaman dan aman.

RS Yarsi berkomitmen untuk mengutamakan kenyamanan beribadah dengan menyediakan fasilitas terbaik dengan bimbingan dan edukasi ibadah bagi pengunjung, pasien dan keluarga.

RS Yarsi menyediakan mushola yang bersih dan nyaman dilengkapi dengan perlengkapan sholat, Al-Quran dan disetiap lantai.

Sebagai rumah sakit syari’ah, RS Yarsi memuliakan kehidupan dengan menyediakan pelayanan terbaik bermutu tinggi, berstandar internasional, beretika dan mengutamakan keselamatan pasien.

RS Yarsi juga menyediakan bimbingan, konsultasi dan pelayanan terbaik menyeluruh bagi keluarga dan buah hati pada setiap fase kehidupan sejak masa kehamilan, melahirkan, menyusui, anak dan remaja.

Dalam ikhtiarnya RS Yarsi menyediakan paket persalinan syariah layanan fertilitas, kebidanan, konseling menyusui, tumbuh kembang, psikolog, dan psikiater

RS Yarsi memberikan layanan edukasi dan konsultasi kesehataan serta keagamaan kepada pasien.

Rumah sakit inj memberikan layanan yang siap untuk memenuhi rasa ingin keingintahuan pasien dan keluarga.

Pada masa awal perawatan, pasien diberikan assessment spiritual oleh petugas medis yang bertugas, untuk memberikan bimbingan thaharah (wudhu/tayamum), tata cara sholat, dan doa bila diperlukan.

Bimbingan Pelayanan Islami RS Yarsi juga memiliki jadwal kunjungan tetap kepada setiap pasien, guna memberikan konsultasi dan motivasi kesembuhan secara spiritual.

RS Yarsi juga perpustakaan untuk karyawan dan pengunjung, bimbingan dan konsultasi kesehatan serta agama dan tayangan edukatif.

Sebagai Rumah Sakit berlandaskan Syariah, RS Yarsi menjunjung tinggi kejujuran dalam menjaga transaksi yang halal, transparan, bebas riba, mudah dan menentramkan.

Dalam melakukan perjanjian dengan pihak kedua, RS Yarsi menggunakan akad-akad yang sesuai syariah. Pelaksanaan akad dilakukan secara amanah dan menjunjung tinggi kepercayaan yang telah diberikan pasien. Bentuk layanan yang diberikan berupa akad yang sesuai syariah, transaksi tanpa riba, keuangan syariah, zakat, infaq, sodaqoh dan waqaf dengan prinsip memelihara harta. (mad/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed