by

Begini Ciri-ciri Hewan Ternak Terinfeksi PMK

DEPOKRAYANEWS.COM- Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kembali menjangkiti hewan ternak di sejumlah daerah di Indonesia. Penyakit itu diketahui menyerang hewan ternak berkuku genap atau belah seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan babi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Widyati Riyandani, mengungkapkan ciri-ciri hewan ternak yang terkena PMK. Diantaranya hewan mengalami panas tinggi sekitar 39°C-41°C, hipersalivasi, saliva terlihat menggantung, air liur berbusa di lantai kandang.

“Kemudian kepincangan yang akut pada beberapa hewan, terdapat lepuh luka pada mulut, lidah, nostril, kulit sekitar teracak dan puting,” kata Widyati Riyandani seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Jumat 13 Mei 2022.

Gejala klinis lain pada hewan yang terkena PMK adalah hewan lebih sering berbaring, pembengkakan kelenjar submandibular. Lalu, penurunan produksi susu yang drastis pada sapi perah.

Menurut dia, langkah-langkah yang harus dilakukan jika hewan ternak terkena PMK. Pertama, melapor ke DKP3 Kota Depok, laporan bisa dilakukan ke petugas atau menghubungi nomor 081213305834.

Tidak melakukan lalu lintas hewan, baik yang masuk ataupun keluar. Kemudian melakukan isolasi, pisahkan hewan yang sakit, dalam kandang terpisah.

Kemudian, perhatikan sanitasi dan biosecutity, menjaga kebersihan kandang secara lebih intensif serta melarang kedatangan orang yang tidak berkepentingan. Desinfeksi, membersihan atau menyemprot kandang yang terkontaminasi dengan desinfektan.

Terakhir lakukan pemusnahan bangkai dan limbah. Bangkai, sampah dan semua produk hewan yang sudah terkontaminasi wajib dikubur atau dibakar. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *