by

Begini Ciri Orang Sehat Mental Kata Ketua Ikatan Psikolog Klinis

Depokrayanews.com-Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Indria Laksmi Gamayanti menyebut empat ciri seseorang memiliki mental yang sehat.

Apa yang dibeberkan Indria pada acara Peluncuran dan Bincang Buku Indonesia Mental Health First Aid Booklet, Sabtu 6 November 20121 itu juga mengacu pada dasar-dasar yang ditentukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pertama, seseorang itu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dalam dirinya. Ketika seseorang sudah tahu apa kelebihannya, mereka akan bersedia untuk mengembangkan potensi tersebut.

Kedua, mampu mengatasi tekanan hidup. Seseorang yang memiliki kesehatan mental akan berusaha untuk menangani masalah yang datang dalam hidup mereka.

“Hidup ini kan tidak lurus seperti jalan tol, pernah tersandung juga entah batu, kebentur. Tapi bagaimana orang-orang ini berusaha dan akhirnya bisa mengatasi tekanan hidup,” kata Indria.

Ketiga, mampu bekerja secara produktif. Indria menyatakan produktif ini harus dilihat dalam arti luas.

“Artinya kadang berpikir produktif itu hasilkan uang banyak, padahal bukan itu. Produktif itu kalau bisa masak untuk anak, itu produktif, mampu lakukan hal-hal kecil, memberikan kesenangan untuk orang lain,” kata dia.

Keempat, mampu berkontribusi di masyarakat. Hal ini berarti seseorang bermental sehat mampu bersosialisasi dan memberikan perhatian kepada teman atau lingkungan.

“Mampu berkontribusi kepada kelompoknya, berikan perhatian ke teman, ini berkontribusi kepada kelompok,” kata dia. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed