by

Begini Urutan Rangkaian Prosesi Pemakaman BJ Habibie

BJ Habibie semasa hidup

DepokRayanews.com- Rubianto, sekretaris pribadi Presiden ke-3 RI, Almarhum BJ Habibie, mengumumkan bahwa prosesi pemakaman Habibie akan dilakanakan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9/2019) pukul 13.00 WIB.

Prosesi pemakaman akan dimulai dengan prosesi serah terima jenazah dari keluarga kepada pemerintah yang digelar di rumah duka, Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan pada pukul 12.30 WIB.

“Prosesi pemakaman, rencananya pemakaman jenazah pada jam 12.30 WIB, akan dilaksanakan upacara serah terima jenazah dari keluarga kepada pemerintah. Diharapkan 30 menit selesai,” kata Rubianto di rumah duka.

Upacara prosesi serah terima jenazah dari keluarga kepada pemerintah akan dipimpin oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Setelah prosesi serah terima ke pemerintah, jenazah BJ Habibie akan diberangkatkan ke TMP Kalibata untuk disemayamkan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara pemakaman.

“Dan jam 13.00 tepat, start dari kediaman patra Kuningan menuju ke TMP Kalibata, inspektur upacara di TMP adalah pak Presiden” jelasnya.

Dikabarkan sebelumnya, Habibie meninggal dunia di ruang CICU, Paviliun Kartika RSPAD Jakarta Pusat. Menurut Putera Kedua Habibie, Thareq Kemal Habibie, ayahnya meninggal pukul 18.05 WIB.

Thareq menyebut faktor lainnya adalah karena jantung yang sudah melemah. Ia mengapresiasi dokter yang sudah berusaha semampunya untuk menyembuhkan Habibie.

“Jantungnya sudah berhenti beraktifitas, seperti yang saya bilang, karena umur dan aktifitas yang banyak,” kata Thareq.

Rangkaian prosesi pemakaman jenazah BJ Habibie:

12.30 wib, di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3 Jakarta Selatan, upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah.

13.00 wib, jenazah diberangkatkan dari rumah duka menuju TMP Kalibata.

13.3 wib, prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata. Irup: Presiden Ir. H. Joko Widodo.
(mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *