Belasan Warga Kelurahan Pondok Petir Bojongsari Kena Chikungunya

Sebarkan :

 

Gigitan nyamuk penyebab Chikungunya

DepokRayanews.com- Belasan warga di RW 18, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, terserang virus Chikungunya karena mengalami demam, nyeri sendi secara mendadak di sekujur tubuh.

“Tercatat, ada 14 warganya yang terjangkit virus chikungunya dalam sepekan terakhir, termasuk istri saya,” kata Ketua RW 18, Kelurahan Pondok Petir, Jamhuri kepada sejumlah wartawan, Minggu, 19 Januari 2020.

Menurut Jamhuri, 14 warga yang terjangkit sudah mendapatkan perawatan kesehatan di klinik dan sebagian dibawa ke Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, Tangerang Selatan dan Rumah Sakit Duafa Lebak Wangi Parung, Kabupaten Bogor. Mereka dinyatakan positif Chikungunya

Menanggapi kasus ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita mengatakan pihaknya belum menerima laporan dari Puskesmas setempat adanya warga yang terserang wabah Chikungunya.

Apa Itu Chikungunya?

Chikungunya adalah infeksi virus yang ditandai dengan serangan demam dan nyeri sendi secara mendadak. Virus ini menyerang dan menulari manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus, dua jenis nyamuk yang juga dikenal sebagai penyebab demam berdarah.

Virus chikungunya dapat menyerang siapa saja. Namun, risiko terserang penyakit ini lebih tinggi pada bayi yang baru lahir, lansia 65 tahun ke atas, dan individu dengan kondisi medis lain, seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.
Gejala Chikungunya

Pada beberapa kasus, chikungunya tidak menimbulkan gejala apa pun. Akan tetapi, umumnya penderita chikungunya mengalami gejala, seperti:

Demam hingga 39 derajat Celsius
Nyeri pada otot dan sendi
Sendi bengkak
Nyeri pada tulang
Sakit kepala
Muncul ruam di tubuh
Lemas
Mual

Gejala di tadi biasanya timbul 3-7 hari setelah seseorang digigit nyamuk pembawa virus. Pada umumnya, penderita akan membaik dalam seminggu. Tapi pada sebagian penderita, nyeri sendi dapat berlangsung hingga berbulan-bulan. Walaupun tidak sampai menyebabkan kematian, gejala chikungunya yang parah dapat menyebabkan kelumpuhan sementara. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengamat Politik UI: Munculnya Rama Pratama Ancaman Bagi PKS

Depokrayanews.com- Munculnya nama Rama Pratama sebagai bakal calon Walikota Depok mendapat perhatian banyak pihak. Sebab, ...