Benarkah Pola Konsumsi Masyarakat Berubah?

Sebarkan :

 
BPS melihat ada perubahan pola konsumsi masyarakat dari belanja barang ke belanja untuk jalan-jalan.

BPS melihat ada perubahan pola konsumsi masyarakat dari belanja barang ke belanja untuk jalan-jalan.

Depokrayanews.com- Badan Pusat Statistik (BPS) melihat ada pergeseran pola konsumsi masyarakat dari belanja rumah tangga menjadi belanja untuk leisure atau jalan-jalan.

Dengan pergeseran pola belanja itu, Kepala BPS Kecuk Suharyanto meyakini tidak ada penurunan daya beli.

”BPS berusaha memilah lagi antara leisure seperti hotel, restoran, rekreasi dan akomodasi. Ternyata leisure-nya naik, orang lebih seneng menahan belanja tapi lebih memilih spending di luar,” kata Suharyanto, di Kantor BPS, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Menurut Suharyanto, belanja makanan masih tinggi, sementara nonmakanan justru malah terkoreksi. Belum lagi komponen aksesori yang naiknya tinggi.

Kalau melihat struktur konsumsi rumah tangga, kata Suharyanto, kelas menengah ke atas saving-nya naik, karena persentase pendapatan yang ditabung naik. Mereka cenderung melihat berbagai situasi ekonomi global yang kurang pasti, serta harga komoditas yang kurang stabil.

Tapi Ekonom The Institute for Development of Economics and Finance Bhima Yudhistira mengatakan, dilihat dari konsumsi per kategori, pengeluaran masyarakat untuk transportasi dan komunikasi justru menurun dibanding tahun 2016.

Di kuartal II 2017 pertumbuhannya 5.32 persen (yoy). Sementara di 2016 kuartal II tumbuh 5.51 persen (yoy).

Di sisi lain, laju pengeluaran untuk hotel dan restoran tahun 2014 di kuartal II pernah mencapai 6.24 persen sedangkan kuartal II tahun 2017 hanya 5.87 persen.

”Ini jadi bukti bahwa peralihan konsumsi dari belanja makanan, pakaian ke wisata atau jalan -jalan tidak signifikan,” jelas dia. (ant)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PSBB Total di Jakara, Pasar dan Mal Boleh Buka

Depokrayanews.com- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan pasar dan pusat perbelanjaan (mal) tetap buka pada saat Pembatasan ...