by

Benarkah Uban karena Stres ?

Katanya uban tumbuh karena sters? benarkah ?
Katanya uban tumbuh karena sters? benarkah ?

Depokrayanews.com- Rambut mendapat rona dari melanin, pigmen yang sama yang menentukan warna kulit Anda dan warna mata.

Seiring dengan bertambahnya usia, rambut Anda mulai kehilangan melanin, menurut American Academy of Dermatology, yang akhirnya membuat warna rambut berubah dari gelap menjadi abu-abu, perak, atau putih.

Angela Lamb, M.D., dokter kulit di The Mount Sinai Hospital, mengatakan, “Ketika uban muncul, artinya kemampuan sel yang memproduksi melanin menjadi berkurang. Meskipun tidak sepenuhnya dimengerti apa faktor utama yang memengaruhi produksi melanin rambut, penelitian menunjukkan bahwa kondisi itu terjadi secara alamiah.”

Sementara stres sendiri dikenal sebagai memicu kerontokan rambut. Hanya ada sedikit penelitian yang menunjukkan, bahwa stres dapat mengubah warna rambut menjadi putih. Dan tentu saja, tidak dapat mengubah semua rambut menjadi putih dengan cepat.

Pemutihan rambut sendiri adalah proses bertahap, sehingga banyak yang berpikir kalau stres memiliki pengaruh.

“Kami tidak memiliki penelitian kuat yang menunjukkan, bahwa stres bisa langsung menyebabkan rambut menjadi beruban,” kata Lamb.

Namun, Jennifer Lin, seorang dokter kulit yang melakukan penelitian biologi molekuler di Harvard Cancer Center, di Boston, menjelaskan kepada Scientific American, “Ada kemungkinan hormon stres mengganggu sinyal yang menginstruksikan melanosit untuk memberikan melanin ke keratinosit. Bila sinyal tersebut terganggu, melanin tidak akan memberikan pigmen pada rambut Anda. ”

Namun, untuk alasan yang lebih pasti, uban lebih dipengaruhi oleh genetik ketimbang stres. “Genetika memainkan peran terbesar ketika rambut Anda mulai putih di usia muda,” kata Lamb.

Bahkan, para ilmuwan telah mengidentifikasi gen pertama yang bertanggung jawab untuk pemutihan rambut, yaitu IRF4, yang mungkin bisa menjadi kunci untuk mencegah beruban dini.

Ayunda Pininta/Kompas.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *