by

Bendungan Katulampa Siaga Satu, Banjir Mengancam Jakarta Sore Ini

Debit air makin tinggi di bendungan Katulampa dan kini status siaga satu.
Debit air makin tinggi di bendungan Katulampa dan kini status siaga satu.

DepokRayanews.com – Hujan deras hingga kini masih melanda kawasan Puncak Bogor. Petugas Akhirnya menaikkan status bendungan Katulampa menjadi siaga satu sejak Senin (5/2/2018) pukul 08.30 wib.

Padahal pukul 00.10 wib dinihari status bendungan Katulampa masih siaga empat. Tapi karena debit air makin tinggi, status siaga empat dinaikkan menjadi siaga tiga pada pukul.00.40 wib.

Rizki, petugas Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung dan Cisadane mengatakan, perubahan status itu sangat cepat karena curah hujan yang sangat tinggi.

“Pukul 09.05 wib, debit air mencapai 590,715 liter per detik dan tinggi muka air mencapai 240 cm, sehingga statusnya menjadi siaga satu,” kata Rizki kepada depokrayanews.com, Senin (5/2/2018)

Padahal pukul 08.00 wib status bendungan Katulampa masih siaga dua sampai pukul 08.30 wib.

Rizki meminta masyarakat Jakarta, terutama yang tinggal di sekitar aliran Sungai Ciliwung waspada, karena kiriman air yang besar akan sampai Jakarta sekitar pukul 17.00 – 18.00 wib,

“Ya, yang tinggal di kawasan Kampung Melayu, Bidara Cina, Jati Negara dan Kampung Pulo harus waspada. Air dari Bogor akan sampai Jakarta sekitar pukul 17-18.00 wib,” kata Rizki.

Sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor kini juga dilanda banjir, antara lain wilayah Jambu Dua, Sempur Babakan, Baranang Siang dan Kampung Bebek. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *