by

Berhasil Mengeliminasi Penyakit Kaki Gajah, Pemkot Depok Dapat Penghargaan dari Menkes

Pemkot Depok mendapat penghargaan dari Menteri Kesehatan
Pemkot Depok mendapat penghargaan dari Menteri Kesehatan

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendapat penghargaan dari Menteri Kesehatan karena dianggap berhasil mengendalikan penyakit filariasis atau kaki gajah.

Selain Kota Depok, ada 12 daerah lain yang juga mendapat penghargaan yang sama.

Penghargaan itu diberikan Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek kepada Walikota Depok, Mohammad Idris pada acara pencanangan Bulan Eliminasi Penyakit Kaki Gajah di Demak, Jawa Tengah, Sabtu (7/10/2017).

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek
mengatakan pemerintah menargetkan bisa mewujudkan keluarga di Indonesia terbebas dari penyakit filariasis atau kaki gajah pada 2020.

“Saat ini sudah ada 13 kabupaten/kota yang berhasil mengeliminasi penyakit kaki gajah tersebut. Sementara 236 kabupate/kota di Tanah Air yang masih endemis,” kata Nila Moeloek

Menurut dia, untuk bisa bebas dari penyakit kaki gajah membutuhkan dukungan semua pihak, termasuk masyarakat

Pencanangan bulan eliminasi kaki gajah, kata menkes, merupakan langkah akselerasi untuk mewujudkan keluarga bebas dari penyakit kaki gajah.

“Kami minta, masyarakat untuk memulai pola hidup sehat karena dari nyamuk bisa menularkan berbagai penyakit, salah satuya penyakit kaki gajah,” kata menkes.

Ia mengakui, untuk menuju bebas penyakit kaki gajah memang tidak mudah, karena banyak kendala, di antaranya masih banyaknya populasi nyamuk serta perlu diperbanyak petugas juru pemantau jentik.

Hal terpenting, kata menkes, kesadaran masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk agar tidak berkembang biak serta menerapkan pola hidup sehat.

Menkes juga meminta pemerintah daerah memperkuat layanan kesehatan primer di tingkat Puskesmas.

“Puskesmas harus proaktif datangi keluarga guna mencegah kemungkinan terserang penyakit karena bisa diobati secepatnya,” ujarnya. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *