by

“Berkat BPJS Kesehatan Saya dapat Menjalani Pengobatan yang Optimal”

DEPOKRAYANEWS.COM- Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diidap oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Penyakit itu pula yang diderita oleh Gideon (37), seorang pekerja lepas atau lebih sering disebut freelance. Gideon menderita secondary hypertension sejak tiga tahun terakhir.

Beberapa hari lalu, Gideon datang ke lokasi Mobile Customer Service (MCS) dekat kediamannya, untuk mendaftarkan anaknya yang baru lahir sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

“Sebelumnya saya bermaksud mendaftarkan melalui Aplikasi Mobile JKN, namun karena bayi baru lahir belum memilki Nomor Induk Kependudukan (NIK) maka belum bisa melalui Aplikasi Mobile JKN,” kata Gideon.

Gideon kemudian bercerita pengalamannya menjadi peserta JKN. Sejak menderita secondary hypertension tiga tahun lalu ia harus menjalani pengobatan rutin.

Gideon adalah pasien Program Rujuk Balik (PRB) darah tinggi jenis tersebut, selama ini ia melakukan pengobatan rutin di Rumah Sakit (RS) Sumber Waras Jakarta. Gideon menyampaikan bahwa ia merasakan pelayanan yang nyaman selama ini dari tim medis yang ramah kepada seluruh pasien baik itu pasien BPJS Kesehatan atau pun bukan.

“Walaupun kediaman saya di Depok, namun saya tetap melakukan pengobatan di RS Sumber Waras Jakarta karena sudah terekam perjalanan saya berobat selama ini. Dan saya pribadi juga sudah nyaman dengan tim medis yang selama ini melayani saya dengan ramah dan baik. Jadi saya tidak merasa keberatan kalaupun berobat harus pulang pergi Depok Jakarta,” kata Gideon.

Kini Gideon merasa kondisi kesehatannya lebih baik karena rutin melakukan pengobatan ke Rumah Sakit. Bahkan tekanan darahnya berangsur-angsur normal. Ia tidak dapat membayangkan jika semua pengobatan rutin yang ia lakukan harus ditanggung sendiri. ”Maka itu saya selalu membayar iuran tepat waktu dan rutin melakukan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter dan mengikuti prosedur BPJS Kesehatan,” kata dia.

“Berkat BPJS Kesehatan saya dapat menjalani pengobatan yang optimal tanpa khawatir akan biayanya. Makanya saya merasa kesehatan yang saya rasakan saat inipun merupakan peran dari hadirnya Program JKN yang diusung oleh BPJS Kesehatan. Saya sangat bersyukur dan mempercayakan jaminan kesehatan saya ke program ini,” kata Gideon. (HT/se)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed