by

Berlaku Mulai Rabu, PSBB Kota Depok Tidak 100 Persen Jiplak DKI Jakarta

Walikota Depok, Mohammad Idris.

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, secara resmi akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam penanganan penyebaran virus corona (COVID-19) selama 14 hari terhitung mulai Rabu 15 April 2020 sampai dengan Selasa 28 April 2020.

“Masyarakat yang berdomisili atau bertempat tinggal dan atau melakukan aktivitas di wilayah Kota Depok wajib mematuhi ketentuan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan secara konsisten menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19,” kata Walikota Depok Mohammad Idris di Depok, Senin 13 April 2020.

Menurut Idris, pemberlakuan pelaksanaan PSBB dapat diperpanjang selama 14 hari berdasarkan rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Kota Depok.

Idris menegaskan pemberlakuan PSBB di kota tersebut tidak sama persis dengan apa yang diterapkan DKI Jakarta, namun disesuaikan dengan kebutuhan lokal di Kota Depok.

“Kita harus samakan persepsi terlebih dahulu, ketika DKI Jakarta lebih dahulu menerapkan PSBB bukan berarti kita jiplak seratus persen sama dengan Jakarta,” katanya.

Menurut dia, ada beberapa perbedaan dalam penerapan PSBB tersebut karena terkait dengan keterbatasan APBD. Apalagi, kata dia, untuk memberikan logistik kepada mereka yang terdampak COVID-19 membutuhkan biaya besar, sehingga Pemkot Depok mengembangkan sikap gotong royong, kebersamaan, atau subsidi silang.

“Di sinilah akan muncul sikap-sikap solidaritas masyarakat yaitu dengan pemberdayaan Kampung Siaga COVID-19 yang berbasis RW. Jika ini tidak dilakukan maka akan habis-habisan ABPD yang kita punya,” kata dia. (ant/ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *