by

Biaya SPP untuk SMA dan Sederajat di Jawa Barat Gratis Mulai Tahun 2020

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

DepokRayanews.com- Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan biaya SPP atau Iuran Bulanan Peserta Didik (IBPD) untuk SMA sederajat dibebaskan tahun depan. Menurut Ridwan Kamil, anggaran Rp 1,4 triliun disiapkan untuk merealisasikan kebijakan tersebut.

“Alhamdulillah RAPBD sudah diketok palu, tinggal dievaluasi Kemendagri. Berita besarnya Alhamdulillah bisa dimulai SPP gratis untuk SMA sederajat,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (28/11/2019).

Menurut Emil, bantuan untuk siswa ini tidak hanya berlaku untuk SMA sederajat negeri saja. Tapi juga berlaku untuk siswa yang tidak lolos ppdb untuk difasilitasi menuntut ilmu di sekolah swasta.

“Untuk siswa tidak mampu dan tidak lolos PPDB, swasta ada bantuan juga membuat mereka bisa terbantu di sekolah swasta. Untuk MA bantuannya sama rapi disalurkan lewat Kemenag,” katanya.

Kebijakan SPP gratis ini, kata dia, akan direalisasikan mulai tahun ajaran baru bulan Juli 2020. Setiap tahunnya, dialokasikan anggaran sekitar Rp 1,4 triliun.

Anggaran ini berasal dari penghematan sejumlah pos anggaran. Di antaranya bansos/hibah hingga perjalanan dinas.

“Ini kan hasil menghemat hibah Bansos. Dulu hibah bansos banyak sekali, sekarang kita cukupkan, efisienkan, sehingga bisa menemukan ruang 1,4 triliun pertahun untuk menggratiskan SPP. SPJ perjalanan dinas sampai 150 miliar kita kurangi untuk PNS, supaya keberpihakan layanan dasar di Jabar bisa hadir,” katanya. (rol)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *