by

Biden: Dunia Akan Minta Pertanggungjawaban Rusia

DEPOKRAYANEWS.COM- Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan dunia akan meminta pertanggungjawaban Rusia atas serangannya terhadap Ukraina.

Biden menyebut serangan itu akan menyebabkan kehilangan nyawa yang sangat besar.

Dilansir dari kantor berita AFP, Biden mengatakan dia akan menyampaikan pidato untuk publik AS guna menjabarkan “konsekuensi” bagi Rusia atas serangannya.

Biden menyebut serangan itu “tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan

Pernyataan itu disampaikan Biden tidak lama setelah Presidem Rusia Valdamir Putin menyatakan akan melakukan serangan ke Ukrania.

Presiden AS itu akan bergabung dengan pertemuan tertutup para pemimpin G7 – Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Amerika Serikat – pada Kamis 24 Februari 2022 pagi waktu setempat untuk membahas serangan Rusia tersebut.

“Doa seluruh dunia bersama rakyat Ukraina malam ini karena mereka menderita serangan yang tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan oleh pasukan militer Rusia,” ujar Biden.

“Presiden Putin telah memilih perang yang direncanakan, yang akan membawa korban jiwa dan penderitaan manusia,” kata Biden.

“Rusia sendiri yang bertanggung jawab atas kematian dan kehancuran yang ditimbulkan oleh serangan ini, dan Amerika Serikat serta sekutu dan mitranya akan merespons dengan cara yang bersatu dan tegas. Dunia akan meminta pertanggungjawaban Rusia,” tegas Biden.

Sebelumnya, dalam pidatonya pada Kamis 24 Februari 2022 pagi waktu setempat, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer di Ukraina untuk membela separatis di wilayah timur negara itu. (Rol)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *