by

Bikin Geger, Roy Suryo Ternyata di Balik Mobil Esemka

DEPOKRAYANEWS.COM- Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo membuat geger publik. Setelah ramai menyindir soal Mobil Esemka, ternyata politisi Partai Demokrat itu ada di balik kelahiran Mobil Esemka. Bahkan Roy Suryo adalah orang yang menyetir Mobil Esemka dari Solo ke Jakarta bersama mantan Wali Kota Solo FX Rudy untuk uji emisi Mobil Esemka.

Hal itu ia sampaikan usai cuitannya soal Esemka viral di media sosial. Roy menjelaskan bahwa dirinya sangat mengapresiasi produk otomotif buatan dalam negeri itu.

“Saya disindir netizen gitu ya, ketika menyinggung Esemka, ‘Dulu kan Mas Roy juga beli Esemka’, bukan hanya beli. Saya itu orang yang berada di balik Esemka sebenarnya. Jadi bukan hanya beli,” kata Roy dalam video yang diunggah melalui akun Youtubenya, yang dikutip, Jumat 11 Maret 2022.

Roy Suryo kemudian bercerita, kala itu dia bersama mantan Wali Kota Solo FX Rudy mengendarai mobil Esemka dari Solo ke Jakarta untuk menjalani uji emisi yang berlokasi di Jakarta.

“Saya bersama dengan Pak FX Rudy, Wakil Wali Kota waktu itu, pernah menjadi Wali Kota Solo dan sekarang sudah pensiun, kami lah yang berdua nyopir. [Dari] Solo. Akan menguji mobil Esemka itu, Esemka prototype itu ke Jakarta [untuk] kemudian diuji emisi di Jakarta,” kata dia.

“Jadi bener-bener yang nyupir berdua, saya dengan Pak Rudy,” sambungnya.

Selain itu, Roy juga menyinggung soal pernyataan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin yang menyebutnya sakit hati karena tak jadi menteri dalam kabinet Jokowi. Ia menilai ucapan Ngabalin tersebut sangat tidak mencerminkan intelektualitas.

“Masyarakat juga sudah tahu bahwa jawaban itu sangat tidak cerdas dan jawaban itu sangat menunjukkan kualitas dari juru bicara yang bersangkutan. Kalau kualitas juru bicaranya kayaknya gitu mungkin yang dijurukan juga sama aja, kualitasnya juga sama,” kata dia.

Ali Ngabalin saat dihubungi terpisah menghaturkan rasa terima kasihnya kepada Roy yang telah berkontribusi dalam perancangan mobil Esemka.

“Ya terima kasih untuk dia, bilang ya, terima kasih sudah membantu, berbaik sangka aja lah, kita lurus saja, jangan terlalu banyak bikin musuh, sukurlah, mudah mudahan pikiran tenaga, waktunya, memberikan kontribusi untuk pemerintah untuk negara bangsa, salam dan doa untuk dia,” kata Ngabalin.

Sebelumnya, Roy Suryo menyinggung Presiden Jokowi soal mobil Esemka. Dia menyampaikan pernyataan itu merespons cuitan Jokowi yang baru saja melepas ekspor mobil di Jawa Barat.

Roy Suryo bertanya-tanya, apakah ada Esemka di jajaran mobil yang diekspor Jokowi itu. Dia pun mengunggah ulang cuplikan wawancara Jokowi soal rencana produksi massal Esemka.

“Alhamdulillah, Apa berarti termasuk ESEMKA juga ya, Pak ? (Ini SERIUS nanya lho, soalnya JEJAK DIGITAL-nya jelas ada lho Pak,” tulis Roy dalam akun Twitter @KRMTRoySuryo2, Selasa 8 Maret 2022 lalu.

Dalam wawancara itu, Jokowi berkata bahwa produsen mobil Essemka telah menerima lebih dari enam ribu pesanan. Padahal, perusahaan baru bisa memproduksi terbatas 300-400 unit.

Jokowi juga mengatakan bahwa jika sertifikasi uji tipe dipegang, pesanan akan meningkat hingga empat kali lipat.

“Tetapi yang sekarang ini kita juga bingung, pesanan kira-kira sudah lebih dari enam ribu. Dan setelah uji emisi, setelah sertifikat uji tipe ini kami pegang, perkiraan bisa tiga sampai empat kali lipat, yang pesan. [Padahal kemampuannya] hanya 300-400,” kata Jokowi. (mad/ris/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *