by

Bikin Konten Ala Citayam Fashion Week, Camat Teladan Payakumbuh Dicopot

Walikota Payakumbuh Riza Pahlevi menilai Dewi belum cocok menjadi camat. Dan sebagian masyarakat meminta Dewi diganti dari Camat Payakumbuh Timur

DEPOKRAYANEWS.COM- Camat Payakumbuh Timur di Kota Payakumbuh, Dewi Novita, dicopot dari jabatannya karena postingannya bergaya ala Citayam Fashion Week viral. Dewi diberhentikan dari Camat Payakumbuh Timur oleh Wali Kota dan dipindahkan untuk mengisi jabatan sekretaris di Satpol PP Payakumbuh.

“Sekarang Dewi dipindah ke Sekretaris Satpol PP Payakumbuh. Kalau eselon masih sama,” kata dewi melalui sambungan telepon, Senin 8 Agustus 2022.

Dewi mengaku kecewa atas pencopotannya sebagai Camat Payakumbuh Selatan. Dewi merasa dirinya tidak melakukan kesalahan dengan membuat konten ala Citayam Fashion Week itu. Karena ia berjalan di sebuah trotoar dengan pakaian yang sopan dan memakai hijab.

Dalam postingan itu terlihat Dewi berjalan di trotoar ala Jeje, Bonge dan kawan-kawan memakai pakaian dinas ASN dan memakai baju kurung Tenun Balai Panjang khas Payakumbuh.

Dewi menyebut tujuannya membuat konten ala Citayam Fashion Week untuk mempromosikan tenun Balai Panjang khas Payakumbuh. Dengan harapan unggahannya ini dapat memancing kreativitas anak-anak muda dalam dunia seni pakaian.

Dewi menyebut dirinya dipecat karena adanya komentar dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Payakumbuh terkait video-nya itu.

“Awal mulanya karena MUI itu. Dewi melakukan yang positif-positif saja untuk memperkenalkan tenun Balai Panjang dan memancing kreativitas anak muda,” ucap Dewi.

Dewi mengatakan dirinya adalah camat terbaik Payakumbuh tahun 2022. Sebelum diberhentikan, ia tengah mengikuti penilaian kompetensi camat se Sumatra Barat mewakili Payakumbuh. Sehingga ia kecewa lantaran dipindahkan ke jabatan Sekretaris Satpol PP.

Tapi Walikota Payakumbuh, Riza Pahlevi, membantah mencopot Camat Payakumbuh Timur, Dewi Novita, karena unggahan konten seperti para remaja Citayam Fashion Week. Menurut Riza, Dewi dimutasi ke jabatan Sekretaris Satpol PP Payakumbuh dan tidak ada penurunan kepangkatan.

“Enggak ada dipecat. Cuma digeser dalam eselon yang sama,” kata Riza, Senin 8 Agustus 2022.

Riza menilai Dewi belum cocok menjadi camat. Dan sebagian masyarakat meminta Dewi diganti dari Camat Payakumbuh Timur. Setelah menimbang, Riza kemudian menggeser Dewi ke jabatan lain tanpa menurunkan eselonnya. (rol/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *