by

BKD Kota Depok Luncurkan Program Go 2T untuk Genjot PAD

DEPOKRAYANEWS.COM- Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok meluncurkan program Go 2T untuk mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 2 triliun.

Walikota Depok, Mohammad Idris menyebut, program Go 2T merupakan tantangan dan terobosan Pemerintah Kota (Pemkot) untuk menaikkan PAD Kota Depok.

“Kita ingin PAD digenjot lagi agar lebih drastis dengan target jangka menengah Rp 2 triliun di tahun 2024. Semangat boleh, namun harus ada potensi, ini sebuah tantangan,” kata Idris saat meluncurkan program Go 2T di Balai Kota Depok, Senin 17 Oktober 2022.

Menurut Idris, keunggulan dari program Go 2T ini adalah melakukan akselerasi capaian PAD sebesar Rp 2 triliun dengan berbagai terobosan dalam hal peningkatan PAD, dari sektor pajak daerah dan pemanfaatan aset, memaksimalkan informasi layanan pajak daerah dengan pembaruan website BKD, serta didukung dengan pengelolaan keuangan yang baik berbasis elektronik.

Kepala BKD Kota Depok, Wahid Suryono mengatakan, program ini dirancang dalam memanfaatkan momentum pulihnya perekonomian pasca pandemi Covid-19 yang ditandai dengan bangkitnya tiga sektor utama ekonomi. Yaitu, industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran serta konstruksi.

Menurut Wahid, ada lima inovasi yang kita gulirkan dari program Go 2T ini. Pertama, Gerakan Mengejar Piutang PBB (Gempita PBB). Kedua, Sistem Informasi Aplikasi Piutang Daerah (Siap-PD). Ketiga, Optimalisasi Pengelolaan Lapangan Olahraga dan Fasilitas UMKM melalui kerja sama dengan Kelompok Masyarakat (Oplosan Emas).

Keempat, Sistem Integrasi Penerimaan Keuangan Pendapatan Daerah (Sipkanda) dan kelima, Eplikasi e-Payment. “Mudah-mudahan upaya ini bisa memaksimalkan capaian PAD Rp. 2 triliun di tahun 2024,” kata Wahid. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed