by

Black Box FDR Telah Diserahkan kepada Kepala KNKT

Depokrayanews.com- Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182 bagian (FDR) Flight Data Recorder atau rekaman data penerbangan berhasil ditemukan pada pukul 16.40 wib Selasa 12 Januari 2021 diserahkan oleh KSAL Laksamana TNI Yudo Margono kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Oleh Panglima TNI, black box yang disimpan dalam kotak khusus itu diserahkan kepada Kepala Basarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito kemudian diteruskan kepada Kepala KNKT Soerjanto Thahjono untuk dilakukan penyidikan. Kepala KNKT menyebut pihaknya membutuhkan waktu sekitar 1 minggu untuk bisa membaca hasil percakapan yang terekam dalam black box.

Kabar penermuan FDR black box sebelumnya diungkap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. “Bahwa FDR sudah ditemukan dan dilaporkan pula bahwa ada sinyal kedua, artinya VCR masih perlu dicari,” kata Marsekal Hadi Tjahjanto di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa 12 Januari 2021.

Black box FDR tersebut diangkat dari dasar laut sekitar pukul 16.00 WIB. Kotak tersebut langsung dibawa ke darat menggunakan Sea Rider.

Sriwijaya Air SJ 182 jatuh pada Sabtu 9 Januari 2021 lalu setalah 4 menit lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed