by

Blanko KTP Elektronik Sudah Tersedia, Pengurusan Dokumen Kependudukan di Depok Gratis

Depokrayanews.com- Ketersediaan blanko KTP elektronik (KTP-e) di Depok sudah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, karena sudah disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri.

“Jadi tidak ada lagi istilah kekurangan blanko KTP-E di Kota Depok karena sudah disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” kata Mohammad Idris usai acara Ngopi Online Bareng Baba Walikota Depok via virtual, Selasa 23 Maret 2021.

Idris menyebut, pertumbuhan jumlah penduduk di Kota Depok sangat cepat. Ada migrasi warga baru yang kadang tidak ada di sensus dari Badan Pusat Statistik (BPS), sehingga diluar perhitungan blanko yang kadang jadi masalah.

Namun demikian, Idris memastikan pengurusan pelayanan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok semakin mudah dan lancar. Bahkan, semua pengurusan dokumen kependudukan gratis tanpa biaya.

“Bisa dipastikan semua layanan kependudukan tidak dipungut biaya hingga ke tangan warga,” tegasnya.

Untuk melakukan pengurusan dokumen kependudukan, kini masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil, cukup melalui whatsapp.

“Jadi ada pilihannya yaitu warga bisa ambil sendiri ke dinas maupun kelurahan. Cetak di Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), dikirimkan melalui pdf untuk Kartu Keluarga. Nantinya akta-akta juga ada pengantaran yang bekerja sama dengan ojek daring dan koperasi milik pemerintah,” kata dia. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed