by

BMKG Minta Masyarakat Waspada, Hujan Badai di Depok Berpotensi Terjadi Lagi

Depokrayanews.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan badai berpotensi kembali terjadi di Kota Depok. Untuk itu, BMKG meminta masyarakat Kota Depok waspada.

Imbauan itu untuk meningkatkan kewaspadaan, tidak hanya berlaku untuk masyarakat Kota Depok, tapi juga untuk masyarakat di sejumlah daerah lain di Jawa Barat seperti Bandung, Sukabumi, Ciamis, Garut dan Tasikmalaya

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Bogor, Indra Gustari mengatakan fenomena tersebut, termasuk kondisi ekstrem yang biasanya berlangsung dalam durasi relatif singkat.

“Masih (ada potensi), kami mengharapkan masyarakat agar tetap waspada sampai awal Oktober, yaitu periode transisi ke musim hujan dan awal musim hujan,” kata dia kepada wartawan, Rabu 22 September 2021.

Indra juga meminta masyarakat di bagian tengah dan selatan Jawa Barat seperti Bandung, Sukabumi, Ciamis, Garut dan Tasikmalaya juga perlu meningkatkan kewaspadaan pada periode tersebut.

Menurut dia, angin badai dan hujan es yang terjadi di Depok pada Selasa 21 September 2021 sering terjadi menjelang perubahan musim.

“Hujan es dan puting beliung lebih sering terjadi menjelang dan awal musim hujan. Saat radiasi matahari kuat sampai permukaan bumi dan uap air di atmosfer juga sudah mulai tinggi,” kata Indra. Fenomena itu terjadi pada waktu-waktu tertentu. Khususnya pada siang atau sore. (ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *