by

BMKG Perkirakan Cuaca Ekstrem Sampai Pekan Depan

Waspadai cuaca ekstrim seminggu ke depan.
Waspadai cuaca ekstrim seminggu ke depan.

DepokRayanews.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat tetap waspada karena cuaca ekstrem diperkirakan masih akan terjadi hingga sepekan ke depan.

Beberapa wilayah bahkan mengalami fenomena ekstrem seperti angin kencang dan hujan lebat disertai petir. Lalu, ada juga beberapa wilayah yang mengalami banjir dan longsor.

“BMKG memperkirakan fenomena ini belum akan berakhir dalam waktu dekat,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo, di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Menurut Mulyono, dalam beberapa hari terakhir, mulai tampak adanya aktivitas aliran massa udara dingin dari Asia atau monsun dingin Asia yang signifikan, sehingga dampaknya mempengaruhi peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

Di samping itu, BMKG memprediksi bahwa dalam seminggu ke depan, akan ada aliran massa udara basah yang bergerak dari barat Samudera Hindia menuju ke wilayah Indonesia bagian barat yang dikenal dengan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO).

“Interaksi dua fenomena ini dan dikombinasikan dengan aktivitas sirkulasi dan pertemuan angin dapat menyebabkan dan meningkatkan potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang,” kata dia. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *