by

Bocoran Pembicaraan Pejabat Pentagon dengan Prabowo Subianto

Depokrayanews.com- Pejabat Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Christopher Miller melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto.

Hal ini terungkap dalam pernyataan resminya yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan AS, Sabtu 21 November 2020.

Percakapan dengan pejabat kepala Pentagon itu membahas prioritas pertahanan bilateral. Kedua pemimpin disebut berbagi keinginan untuk meningkatkan keterlibatan pertahanan antara Indonesia dan AS.

Kedua belah pihak mencatat pentingnya pertukaran militer dan berkomitmen untuk memperkuat kesempatan pendidikan dan pelatihan antara kedua negara.

Dalam pembicaran itu, Prabowo juga membahas pengadaan pertahanan AS yang akan mendukung modernisasi pertahanan Indonesia.

Pada Oktober 2020 lalu, Prabowo datang khusus ke AS. Dikutip dalam laman resmi Kementerian Pertahanan AS, dalam pertemuan tersebut RI dan AS membahas mengenai keamanan kawasan, prioritas pertahanan bilateral, dan akuisisi pertahanan.

Menhan AS, yang kala itu masih dijabat oleh Mark T. Esper, mengungkapkan mengenai pentingnya menegakkan hak asasi manusia, supremasi hukum, dan profesionalisasi saat kedua negara memperluas keterlibatan mereka.

Sedangkan Prabowo menyampaikan pentingnya keterlibatan militer di semua tingkatan, dan menyampaikan apresiasi atas dukungan Amerika Serikat untuk modernisasi pertahanan Indonesia.

Keduanya pun menyampaikan harapan untuk meningkatkan kegiatan military-to-military bilateral dan bekerja sama dalam keamanan maritim.

Tak hanya itu, kedua menteri juga menandatangani Memorandum of Intent (MoI) untuk upaya memulai kembali Defense Prisoner of War/Missing in Action Accounting Agency.

Hal ini dilakukan untuk memulai kembali pekerjaan AS di Amerika untuk menemukan kembali personel AS yang hilang di Indonesia saat Perang Dunia II. (mad/cnbc)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *