by

Bos Tesla Elon Musk Kehilangan Kekayaan Rp 3.128 Triliun

DEPOKRAYANEWS.COm- Bos Tesla dan SpaceX Elon Musk kehilangan kekayaan US$200 miliar atau atau setara dengan Rp 3.128 triliun (asumsi kurs Rp15.564 per dolar AS). Ia bahkan disebut sebagai orang pertama di dunia yang kehilangan kekayaan sebanyak itu.

Saat ini, Musk menempati posisi orang kedua terkaya di dunia dengan kekayaan US$137 miliar. Padahal, kekayaannya sempat menyentuh US$340 miliar pada November 2021.

Itu artinya ia kehilangan kekayaan sekitar US$200 miliar dalam waktu sekitar setahun.

Sebagian besar kekayaan Musk terikat di Tesla yang sahamnya anjlok 66 persen sepanjang 2022. Permintaan Tesla (TSLA) melemah karena persaingan kendaraan listrik dari pembuat mobil mapan melonjak tahun lalu.

Perusahaan kehilangan target pertumbuhannya dan karena itu harus mengurangi produksi di China.

Bukti anjloknya minat pembeli mobil terhadap Tesla terlihat jelas bulan lalu setelah perusahaan mengumumkan penjualan langka dalam upaya untuk mengosongkan stok. Tesla menawarkan dua potongan harga untuk pembeli yang menerima pengiriman kendaraan sebelum akhir tahun.

Perusahaan awalnya menawarkan diskon US$3.750. Kemudian mereka menggandakan potongan harga menjadi SU$7.500 pada dua minggu sebelum 2022 berakhir.

Pembelian Twitter senilai US$44 miliar oleh Musk juga tidak membantu saham Tesla atau kekayaan pribadi Musk. Ia sebelumnya menjual saham Tesla senilai US$23 miliar sejak ketertarikannya pada Twitter. (cnn/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *