by

BPJS Kesehatan Fokus Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang JKN-KIS

BPJS Kesehatan Cabang Depok melakukan sosialisasi program JKN-KIS sampai ke kelurahan.

  

Depokrayanews.com- BPJS Kesehatan terus berupaya untuk memberikan pemahaman Program JKN-KIS kepada seluruh masyarakat.

Kegiatan itu sekaligus untuk mengedukasi kepada masyarakat pentingnya memiliki jaminan kesehatan untuk menjamin saat membutuhkan pelayanan kesehatan.

Kegiatan yang diprakarsai BPJS Kesehatan Cabang Depok ini juga dilakukan sesuai dengan langkah strategis yang dijadikan BPJS Kesehatan sebagai fokus utama dalam mengarungi tahun 2020, yaitu sosialisasi dan edukasi publik.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok Elisa Adam mengatakan bahwa pada tahun 2020, BPJS Kesehatan berupaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat.

Untuk itu, BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi dan edukasi secara masif kepada masyarakat. Menurutnya, hal ini penting agar masyarakat memahami dengan baik tentang manfaat Program JKN-KIS dan ketentuan-ketentuan yang berlaku di dalamnya.

“Cukup banyak masyarakat yang berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan dengan tujuan hanya untuk memperoleh informasi. Jadi kami menjadwalkan sosialisasi dan edukasi ke seluruh kelurahan yang ada di Depok. Tim kami akan turun memberikan berbagai informasi seputar Program JKN-KIS kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu repot lagi ke Kantor BPJS Kesehatan,” kata Elisa, Jumat.

Elisa juga mengajak seluruh peserta JKN-KIS untuk mulai memanfaatkan inovasi yang telah dihadirkan BPJS Kesehatan melalui berbagai kanal layanan yang telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan, yang tentunya dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai keperluan terkait Program JKN-KIS. Mulai dari aplikasi Mobile JKN hingga layanan Chika dan Vika.

“Kanal-kanal tersebut kami paparkan agar masyarakat lebih mengenal dan memanfaatkan layanan daring yang telah kami kembangkan,” kata Elisa.

Apalagi di era pandemi Covid-19 saat ini, layanan secara daring sangat baik untuk menekan perkembangan Covid-19.

‘Jadi setelah kami paparkan kepada masyarakat tentang produk layanan tersebut, maka masyarakat dapat memanfaatkan dan tidak perlu ke Kantor BPJS Kesehatan. Urusan JKN-KIS bisa dilakukan dari rumah,” ujar Elisa.

Sementara itu, Lurah Pancoran Mas Suganda menyambut baik langkah BPJS Kesehatan yang terjun ke kelurahan-kelurahan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang Program JKN-KIS.

Menurutnya hal itu merupakan bukti dari komitmen BPJS Kesehatan dalam mengoptimalkan Program JKN-KIS.

“Saya berharap agar sosialisasi ini berkelanjutan. Bila perlu dilakukan ke tingkat rukun warga. Sehingga seluruh warga dapat terpapar informasi tentang Program JKN-KIS,” kata Suganda. (DT/mr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed