by

BPOM: Produk Shampo yang Ditarik Unilever Tidak Terdaftar di Indonesia

DEPOKRAYANEWS.COM- Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Reri Indriani mengatakan sejumlah produk sampo kering aerosol merek Dove, Nexxus, Suave, TIGI, hingga Tresemme di Amerika Serikat (AS) yang ditarik Unilever karena berpotensi memicu kanker, tidak terdaftar di Indonesia.

“Kami sudah melakukan penelusuran, produk tersebut tidak terdaftar di Indonesia,” kata Reri kepada wartawan, Rabu 26 Oktober 2022.

Namun demikian, kata dia, BPOM tetap melakukan pengawasan terhadap produk yang beredar dan melakukan audit secara komprehensif.

Sebelunya, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menemukan paparan benzena dalam produk tersebut. Paparan benzena ditegaskan bisa memicu risiko, baik jika terhirup, melalui kulit, sampai ancaman penyakit leukemia dan kanker darah.

FDA sendiri meminta seluruh masyarakat untuk segera menghentikan penggunaan sampo tersebut, sembari disarankan mengakses laman UnileverRecall.com untuk pergantian produk yang merugkan.

Tahun lalu, ada 30 produk yang juga ditarik terkait risiko paparan benzena yang dikhaatirkan memicu kanker. Belakangan Procter & Gamble (P&G) juga tidak hanya menariik sampo, melainkan deodoran dan semprotan aerosol Old Spice dan Secret. Masih terkait kandungan benzena yang dikhawatirkan berdampak pada kesehatan. (ris/detik)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *