by

BPS Ingatkan El Nino Bisa Kuras Stok Lumbung Padi Indonesia

Depokrayanews.com- Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti mengingatkan dampak El Nino bisa membuat stok di lumbung padi Indonesia menipis sehingga harga beras melonjak.

Amalia menyontohkan inflasi beras yang terjadi
pada September 2023 yang menyentuh 5,61 persen mtm. Inflasi ini memecahkan rekor tertinggi sejak Februari 2018 lalu, di mana andil kenaikan harga beras mencapai 0,18 persen.

“Kenaikan harga beras ini tentunya disebabkan berkurangnya pasokan akibat kemarau berkepanjangan dan penurunan produksi karena efek El Nino,” kata dia dalam konferensi pers di Kantor BPS, Senin 2 Oktober 2023.

Inflasi pada September 2023, kata dia, mencapai 0,19 persen secara bulanan (month to month/mtm) dan 2,28 persen secara tahunan (year on year/yoy. Salah satu penyebab inflasi itu adalah kenaikkan harga beras.

“Kenaikan harga beras cukup tajam terjadi di sentra-sentra produksi padi nasional, seperti Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Ini juga mengindikasikan terjadinya penurunan pasokan beras akibat penurunan produksi padi di provinsi-provinsi sentra produksi tersebut,” kata Amalia.

Penurunan luas panen yang didorong dampak El Nino juga membuat pasokan produksi padi menurun. Harga gabah pun ikut terkerek.

Seiring dengan kenaikan harga gabah, beras juga mengalami lonjakan. Amalia menyebut kenaikan harga beras terjadi merata di setiap level, mulai dari penggilingan, grosir, dan konsumen.

“Secara bulanan, kenaikan harga beras pada September 2023 ini memang terlihat lebih tinggi dibandingkan kenaikan harga beras pada September tahun lalu. Kenaikan beras tertinggi terjadi di level penggilingan seiring semakin terbatasnya produksi padi dan suplai gabah ke penggilingan padi,” kata dia

Berikut rincian kenaikan harga beras pada September 2023:

Penggilingan
– Naik 10,33 persen secara bulanan (mtm)
– Naik 27,43 persen secara tahunan (yoy)

Grosir
– Naik 6,29 persen mtm
– Naik 21,02 persen yoy

Eceran/konsumen
– Naik 5,61 persen mtm
– Naik 18,44 persen yoy
(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *